Hujan Deras, Debit Air Sungai Kuantan Kembali Naik

air-kuantan-naik-lagi.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Kuansing, Riau terjadi mulai Jumat malam dan baru berakhir Sabtu, 21 Desember 2019 dinihari membuat debit air Sungai Kuantan kembali naik.

Air Sungai Kuantan yang sebelumnya sudah jauh surut, kini kembali naik karena tingginya curah hujan diduga juga terjadi di wilayah Sumatera Barat.

"Kini kondisinya masih naik," ujar Camat Hulu Kuantan, Azizman kepada RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu, 21 Desember 2019 siang.

Aziz menduga air Sungai Kuantan ini naik karena hujan semalam kemungkinan merata tidak hanya terjadi di wilayah Kuansing tapi juga terjadi di wilayah Sumatera Barat.

Dari pemantauan pada alat pengukur ketinggian air yang berada di bagian hilir jembatan Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan sekitar pukul 07.30 WIB tadi pagi (Sabtu,red) kondisi air Sungai Kuantan masih naik.

Dia menghimbau agar kondisi naiknya debit air Sungai Kuantan supaya selalu diwaspadai terutama masyarakat yang berada dibagian hilir yang wilayahnya sangat rendah dan rawan akan banjir luapan Sungai Kuantan.

Hujan semalam tidak hanya deras, tapi hujan semalam juga disertai bunyi gemuruh dan petir. 
Beberapa kali terdengar suara gemuruh menggelegar dan diikuti adanya kilat.

Kini kondisi cuaca di sejumlah wilayah Kabupaten Kuansing masih berpotensi terjadinya hujan, mengingat langit Kuansing masih terlihat gelap dan dari pagi tadi sudah beberapa kali terjadi hujan gerimis dibeberapa lokasi terutama dikota Teluk Kuantan.