Perwakilan Pemprov Tak Hadiri Undangan HUT Kepulauan Meranti, Ini Kata Syamsuar

Gubernur-Riau-Drs-Syamsuar-MSi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/DISKOMINFOTIK)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir kecewa dengan sikap Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar. Kekecewaan Irwan kepada mantan bupati Siak dua priode ini berawal dari ketidakhadiran orang nomor satu di Riau ini saat perayaan HUT ke-11 Kepulauan Meranti, Kamis (19/12/2019) kemarin.

Bupati Irwan tidak bisa lagi menahan kekecewaannya saat mengetahui tidak ada satu pun perwakilan dari Pemprov Riau yang hadir di acara tersebut mewakili Gubernur Riau.

Tidak hanya saat momen HUT Kepulauan Meranti saja Gubri Syamsuar tidak hadir, namun sejumlah kegiatan penting yang dilakukan di Meranti nihil kehadiran Gubri Syamsuar. Seperti pelantikan DPRD Meranti, dan pelantikan pimpinan DPRD Riau juga tidak dihadiri gubernur.

Gubernur Riau Syamsuar saat dikonfirmasi terkait persoalan tersebut mengaku tidak ingin mencari-cari alasan. Namun kata dia, undangan dari Pemkab Meranti baru diterima bagian tata usaha Setdaprov Riau Rabu 18 Desember 2019 petang. Sedangkan agenda Gubri sudah disusun sejak sepekan sebelumnya.

"Undangan HUT Meranti saja baru diterima TU sehari sebelum acara. Sementara sejumlah kegiatan di luar kota sudah tersusun seminggu sebelumnya," kata Syamsuar.

Syamsuar mengaku tidak bisa hadir diacara HUT Kabupaten Kepulauan Meranti karena sedang menghadiri sejumlah kegiatan di luar kota dalam pekan ini. Syamsuar mengaku kegiatan tersebut tidak bisa diwakilkan karena kegiatan itu pada muaranya untuk kesejahteraan masyarakat serta untuk pertumbuhan ekonomi Riau.

"Hari Kamis (19/12/2019), saya menghadiri MoU antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Direktur BUMN PT Sarinah. Penandatanganan kerja sama ini dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, di Mall Sarinah," kata Syamsuar.

Pernyataan ini sekaligus mengklarifikasi terkait sejumlah pemberitaan yang dinilai menyudutkan lantaran ketikhadirannya ke Selatpanjang untuk memenuhi undangan Hari Ulang Tahun ke-11 Kabupaten Kepulauan Meranti yang kebetulan jatuh pada hari Kamis.

"MoU itu tidak bisa saya wakilkan karena hal ini menyangkut masalah pengembangan dan pemasaran produk UKM Riau sekaligus pameran produk UKM," ucap Syamsuar.

Pada saat pameran itu, Syamsuar juga sempat mempromosikan produk turunan sagu, kelapa, dan kelapa sawit. Pada hari yang sama juga di Jakarta, mantan bupati Siak itu menghadiri peresmian ekspor perdana produk UKM yang di dalamnya ada produk UKM Riau. Helat ini dihadiri Menteri Perdagangan dan Menteri Koperasi.

Sedangkan Wagubri, jelas Syamsuar, pada hari Kamis itu juga menghadiri 3 acara, mulai dari Apel Hari Bela Negara, Acara OJK di Rimbo Panjang, dan meninjau banjir di Rantau Kopar, Rohil. Sementara Sekdaprov Riau, sambung Syamsuar, saat ini disibukan dengan menguji semua pejabat yang dievaluasi bersama Tim Pansel.

"Tak mungkin eselon III ditugaskan menghadiri acara Ultah Kab Kep Meranti. Seharusnya tanya ke protokol Riau apa kegiatan kami," katanya.

Gubernur Syamsuar juga meluruskan adanya tudingan bahwa dia menghadiri pelantikan DPRD di daerah kabupaten/kota yang ada di Riau.

"Semua pelantikan anggota DPRD tidak ada satupun daerah yang kami hadir atau kami wakili, termasuk pelantikan DPRD Pekanbaru. Hal ini guna menghindari ada yang bisa datang dan ada yang tidak," ungkap Syamsuar. (*)