Warga Balai Raja Gagalkan Aksi Pencurian, Pelaku Ditangkap

pencuri.jpg
(istimewa)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, PINGGIR - Pelaku pencurian dengan pemberatan tak berkutik saat ditankap warga, di Kelurahan Balai Raja, Kecamatan Pinggir, Rabu, 11 Desember 2019 dini hari kemarin.

Beruntung tersangka berinisial AR (32) tidak jadi bulan-bulanan warga. Setelah diamankan, pelaku langsung diserahkan ke Polsek Pinggir.

Kapolsek Pinggir, Kompol Firman Sianipar membenarkan pelaku pada Rabu dini hari melancarkan aksinya di tiga rumah yang berada di Jalan Kelapa. Namun percobaan pencurian yang dilakukan di tiga rumah ini gagal total karena diketahui warga.

Ditambahkan Kompol Firman Sianipar, Pelaku melancarkan aksi pertamanya sekitar pukul 00.00 WIB di rumah milik Diki Harianto yang berada di RT 2 RW 2 Kelurahan Balai Raja.

Tersangka AR mencoba masuk ke Kamar Diki dengan membuka jendela kamar dari luar kemudian mengintip ke dalam kamarnya.

"Saat itu Diki sedang dalam keadaan masih terjaga. Tersangka menyadari aksinya di ketahui oleh pemilik rumah yang melihatnya mengintip dari jendela langsung bergegas kabur," kata Kapolsek Pinggir, Kompol Firman Sianipar, Jumat, 13 Desember 2019.

Pemilik rumah langsung mengejar tersangka ke luar rumah. Sampai di luar pemilik rumah melihat tersangka sedang duduk di atas motornya yang terparkir di pinggir jalan.

"Kira-kira jaraknya sekitar 20 meter dari rumah dengan tempat tersangka memarkirkan kendaraanya. Korban langsung berteriak maling, tersangka langsung melarikan diri," ungkap Kompol Firman.

Melihat tersangka melarikan diri, Diki langsung membangunkan tetangganya. Bersama tetangganya korban melakukan pencarian namun tidak menemukan tersangka.

Sekitar pukul 02.00 WIB, kembali terdengat suara teriakan maling di rumah warga jalan Kelapa Keluarahan Balai Raja tidak jauh dari rumah Diki.

"Diki bersama warga lainnya langsung mendatangi sumber suara tersebut, di mana tersangka AR berhasil diamankan saat melancarkan aksi di dua rumah sekitar tersebut," pungkasnya.

Saat diamankan tersangka kedapatan barang bukti telpon genggam milik salah satu korban disimpan di dalam tas tersangka. Setelah diamankan warga tersangka langsung di bawa ke Mapolsek Pinggir.

Keberhasilan warga menangkap pelaku pencurian ini mendapat apresiasi dari Kapolsek Pinggir.

"Terima kasih kepada masyarakat atas peran sertanya dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas serta tidak main hakim sendiri karena negara kita merupakan negara hukum," tutupnya.