Berawal Dari Hobi Memanah, Kini Waqqash Archery Hadir di Mall SKA

memanah.jpg
(riauonline)

RIAUONLINE.CO.ID - Saat ini di Pekanbaru, kegiatan memanah bukan lagi hal baru. Sejak beberapa tahun terakhir, fasilitas memanah sudah mulai menjamur di Pekanbaru. Salah satu yang cukup banyak menyita perhatian masyarakat yakni Waqqash Archery.

Waqqash Archery merupakan salah satu fasilitas panahan yang terletak di Lantai 3A Mall SKA Pekanbaru. Tempat ini juga menjadi lapangan memanah atau archery pertama kali di Pekanbaru yang berada di pusat perbelanjaan.

Owner dari Waqqash Archery, Handre Duriani atau akrab disapa Andre, menyebutkan bahwa tempat ini sudah dijalankannya sejak April 2019 lalu. Ia pun melihat semakin hari, jumlah peminat dari olahraga ini semakin bertambah.

"Niat awal kita membuka tempat ini untuk memperkenalkan panah kepada masyarakat, khususnya kepada anak muda. Karena selama ini anak muda kebanyakan menghabiskan waktunya hanya berolahraga permainan seperti basket dan futsal saja," sebut Andre pada Rabu (11/12/2019).

Lewat Waqqash Archery, anak muda Pekanbaru sudah bisa menyalurkan hobi barunya yakni memanah. Karena dengan memanah, ada banyak keuntungan dan keutamaan yang didapat dibanding olahraga lainnya.

Andre mengatakan dengan menekuni olahraga panahan, kita akan dilatih meningkatkan ketangkasan, fokus, dan juga konsistensi. Di samping itu, memanah juga melatih otot-otot tangan dan lengan.

"Bagi umat muslim juga, olahraga memanah juga sudah disebutkan oleh Nabi Muhammad sebagai olahraga sunnah yang dianjurkan," sebut Andre.

Andre sendiri juga sudah cukup lama mencintai olahraga memanah ini. Ia mengaku sejak 2015 lalu sudah mengenal dan menekuni olahraga panahan. Bila ada waktu luang, ia menyempatkan diri untuk menyalurkan energi dan hobinya untuk memanah.

"Jadi usaha ini berawal dari hobi saya yang ingin saya bagikan kepada masyarakat khususnya di Pekanbaru," sebutnya.

Di kesempatan yang sama, Andre juga bercerita bahwa Waqqash Archery ini juga terinspirasi dari sejarah Nabi Muhammad Saw di mana ia memiliki sahabat yang bernama Saad bin Abi Waqqash. Ia dikenal sebagai pemanah Muslim terhebat ketika Perang Badar dan Perang Uhud.

"Kami juga sedikit mencoba mengambil branding dari Sahabat Nabi yang memang seorang pemanah hebat saat itu," sebut Andre.

Lewat usahanya ini, Andre berharap bisa memberikan kontribusi bagi generasi muda dengan pilihan kegiatan positif, yakni memanah.

"Selain sehat, memanah ini akan membuat kita lebih pede, fokus dan tenang," tutupnya. (Abe)