Pemkab Kuansing Mulai Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir

SALURKAN-BANTUAN.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mengajak semua pihak untuk membantu masyarakat yang menjadi korban banjir.

Banjir di Kabupaten Kuansing sudah memasuki hari ketiga terjadi sejak Senin lalu. Hingga Rabu, 11 Desember 2019 luapan Sungai Kuantan masih merendam ribuan rumah terutama di bagian hilir Kuansing.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kuansing, Napisman mengatakan, sampai saat ini Pemkab sudah menyalurkan bantuan secara simbolis dan sudah diterima oleh beberapa Kecamatan.

Bantuan yang sudah disalurkan tersebut berupa 1.800 kg beras, 100 karton Mi Instan, dan 30 kotak minyak goreng.

"Kita menghimbau kepada semua pihak agar turut menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir," harapnya.

Napis mengatakan, agar bantuan lebih terorganisir dan tepat sasaran diharapkan bantuan bisa disampaikan melalui Dinas Sosial PMD.

"Kita juga mempersilahkan kepada pihak-pihak yang ingin turun langsung memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir," katanya.

Sementara untuk bantuan dari Provinsi ujar Napisman, kini tengah dalam pengurusan.

"Untuk bantuan lebih lanjut dari Pemda akan disalurkan setelah datang pasokan bantuan dari Provinsi," katanya.

Camat Kuantan Tengah Agus Siswanto mengatakan, sudah menerima bantuan dari Pemda Kuansing yakni 40 dus mi intsan dan 300 kg beras.

Kemudian katanya, bantuan juga berasal dari berbagai pihak yang disalurkan melalui koordinasi dengan kecamatan yakni berupa 145 dus mi instan, 500 kg beras, 5 dus biskuit dan 45 air mineral.

Bantuan juga berasal dari PT TAL, BRI Teluk Kuantan, Forkopimcam, UPK Narosa, Jamaah beberapa Mesjid di Teluk Kuantan. "Sudah kita salurkan," ujar Agus, Rabu sore.

Sementara bantuan juga datang dari Wabup Kuansing H Halim berupa 100 dus Mi Instan untuk masyarakat di Kuantan Hilir.

"Bantuan juga ada dari forum Kades, BRK Baserah, anggota Dewan, sumbangan masyarakat Baserah, dan para donatur lainnya," ujar Camat Kuantan Hilir, Yulpides.

Kemudian di Pangean bantuan langsung disalurkan Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra didampingi Kapolsek Pangean Iptu Hendra kepada masyarakat yang terdampak banjir.

"Bantuan dari Pemda ada 50 dus dan beras 200 kg," kata Mahviyen, Rabu sore.

Bantuan juga datang dari anggota DPRD Kuansing Sastra Febriawan untuk sejumlah masyarakat di Kecamatan Pangean. "Ada sekitar 150 kotak mi instan yang disalurkan tadi," kata Sastra.

Dilihat di laman media sosial facebook bantuan terlihat juga datang dari Ketua DPRD Kuansing Andi Putra dan Ketua Komisi C DPRD Kuansing Romi yang langsung turun ketengah masyarakat.