Yan Prana Jadi Sekdaprov, Zulfi: Ini Masanya Riau Pesisir

Zulfi-Mursal.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota komisi I DPRD Riau, Zulfi Mursal mengaku siap mengawasi kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pasca dilantiknya Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yang Prana Jaya.

Hal tersebut ia katakan menyusul adanya kekhawatiran bahwa pembangunan di Riau tidak akan merata mengingat hampir semua pimpinan saat ini berasal dari Riau Pesisir.

Menanggapi fenomena ini, Zulfi Mursal yakin Yan Prana bisa bersikap profesional dan mengutamakan prioritas pembangunan ketimbang mengedepankan unsur kedaerahan.

"Saya rasa bisa, Sekdaprov itukan harus mewakili seluruh kabupaten kota, jadi meskipun dia milik pesisir, dia harus mengurusi seluruh kabupaten kota," kata mantan Ketua DPRD Siak ini, Jumat, 22 November 2019.

Secara pribadi, Zulfi merasa senang jika saat ini putra pesisir menempati posisi-posisi strategis di pemerintahan, sebab menurutnya beberapa tahun belakangan Riau Pesisir kurang mendapat perhatian.

"Kalau ditanya ke saya, ya saya suka karena memang pesisir dah lama ditinggalkan, pesisir tak diperhatikan, hanya sisa-sisa saja dapat, inilah masanya pesisir," tambahnya.

Namun, secara profesional ia tak ingin jika nantinya pemerintahan hanya memperhatikan Riau Pesisir saja. Ia ingin pembangunan harus dirasakan oleh seluruh masyarakat Riau baik daratan maupun pesisir.

"Tapi kita tak mau itu, kita mau keseimbangan, yang prioritas harus diutamakan, kalau tidak prioritas ya ditunda dulu," tuturnya.

Untuk diketahui, saat ini putra Riau pesisir mulai menguasai pemerintahan di Riau, mulai dari Gubernur Riau Syamsuar yang berasal dari Rokan Hilir dan pernah menjabat sebagai Bupati Siak.

Lalu, di DPRD Riau sendiri ada ketua DPRD Riau Indra Gunawan Eet yang berasal dari kabupaten Bengkalis, kemudian Asri Auzar dari Rokan Hilir, dan Hardianto dari Dumai.

kemudian, Wakil ketua DPRD Riau lainnya, Zukri yang walaupun berasal dari Pelalawan namun ia mendapatkan amanah dari masyarakat Siak karena ia mewakili suara dapil Riau 6 meliputi di Siak-Pelalawan.