MTQ Riau 2019, Kuansing Ikuti 8 Cabang Lomba Dengan 28 Golongan

Ilustrasi-MTQ.jpg
(Harian Singgalang)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Riau ke-38 Tahun 2019 yang diselenggarakan di Kabupaten Kampar, dibuka Minggu, 24 November 2019.

Selain mengutus 56 Kafilah, Kabupaten Kuansing juga mengikuti 8 cabang lomba dengan 28 golongan lomba. Delapan cabang lomba tersebut antaranya cabang Tilawah Al Quran, Hitzhil Al Quran, Khattil Al Quran, Syahril Al Quran, Fahmil Al Quran, Tafsil Al Quran, Musabaqah Hafalan Al Quran, dan Musabaqah Hafalan Hadits.

"Ada 8 cabang lomba yang akan kita ikuti," ujar Asisten I Setda Kuansing, Wariman kepada RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 22 November 2019.

Berdasarkan daftar peserta MTQ Riau Tahun 2019 di mana Kuansing akan mengikuti 28 golongan lomba. Adapun rincian 28 golongan lomba yang akan diikuti diantaranya cabang Tilawah Al Quran 18 peserta, Golongan Tartil Al Quran, anak-anak, remaja, dewasa, dewasa Qira'at Mujawwad, dewasa Qira'at Muratal, remaja Qira'at Mujawwad, remaja Qira'at Muratal, dan cacat netra (canet).

Untuk cabang Hitzhil Al Quran Kuansing 9 peserta, Golongan 1 juz dan Tilawah putra putri, 5 juz dan Tilawah putra putri, 10 juz putra putri, 20 juz putra dan putri, dan 30 juz putra.

Kemudian cabang Khattil Al Quran 8 peserta Golongan naskah putra dan putri, Hiasan Mashaf putra dan putri, dekorasi putra dan putri dan kontemporer putra dan putri.

Syarhil Al Quran Kuansing 6 peserta Golongan Syarhil Qur'an putra beregu sebanyak tiga dan Syarhil Qur'an putri beregu juga tiga.

Kemudian cabang Fahmil Al Quran 6 peserta Golongan masing-masing tiga Fahmil Al Qur'an putra beregu dan tiga Fahmil Al Qur'an putri beregu.

Untuk Tafsil Al Quran 3 peserta Golongan Bahasa Indonesia beserta hafalan 30 juz dan tafsir juz XII, Bahasa Arah beserta hafalan 30 juz dan tafsir juz X, dan Bahasa Inggris beserta hafalan 1 sampai dengan 14 juz dan tafsir juz X.

Selanjutnya Musabaqah Hafalan Al Quran 2 peserta Golongan MMQ putra dan putri. Dan terakhir cabang Musabaqah Hafalan Hadits 4 peserta Golongan hafalan 100 hadits dengan sanad putra putri dan hafalan 500 hadits tanpa sanad putra dan putri.

Wariman berharap MTQ Riau 2019 ini Kuansing bisa memperbaiki peringkat. Di mana MTQ Riau 2018 lalu Kuansing tidak dibacakan jumlah poinnya oleh dewan hakim.

Saat itu Kuansing dan Inhu berada di peringkat terakhir. Namun MTQ tahun ini tentunya banyak pihak berharap Kuansing bisa memperbaiki peringkat. "Memang tidak ada target, kita hanya berharap bisa memperbaiki peringkat," pungkasnya.