Dinas LHK Riau Anggarkan Rp6 Miliar Untuk Pembelian Pompa Portable

Pasiran.jpg
(istimewa)
 RIAUONLINE, PEKANBARU - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau menganggarkan Rp 6 miliar untuk pengadaan peralatan pemadam kebakaran lahan di Riau. Peralatan yang akan dibeli oleh Pemprov Riau itu berupa pompa air portabel atau pompa gendong. 
 
Total pompa portabel yang akan dibeli untuk pemadaman kebakaran lahan di Riau, sebanyak 40 unit. Dengan estimasi harga satu unit alat pompa tersebut berkisar Rp150 juta. 
 
"Alat ini seperti yang biasanya digunakan Mangala Agni. Kita melihat alat ini cukup efektif digunakan untuk melakukan pemadaman karena mudah dibawa," kata Kepala DLHK Provinsi Riau, Ervin, Rabu (20/11/2019).
 
Peralatan pemadam kebakaran lahan ini nantinya akan diberikan ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) DLHK di seluruh kabupaten/kota se Provinsi Riau. 
 
"Jadi kalau nanti ada desa dan kecamatan yang membutuhkan alat ini bisa meminjam ke UPT untuk melakukan pemadaman kebakaran lahan di wilayahnya masing-masing," ujarnya.
 
Sejauh ini pihaknya belum berencana untuk memberikan peralatan tersebut ke masyarakat. Sebab pihaknya khawatir jika pompa ini diserahkan ke masyarakat tidak dirawat dan bisa rusak. 
 
"Jangan sampai kita beli mahal tapi tidak dirawat kan," sebutnya. 
 
Sebelumnya, Pemprov Riau juga mendapatkan bantuan 10 unit alat pemadam kebakaran lahan dari pemerintah pusat senilai Rp 24 Miliar. Alat bantuan dari BNPB ini mampu menjangkau sumber air hingga 10 kilometer dan bisa digunakan untuk memadamkan api hingga jarak 1 kilometer. (*)