Merga Silima Tampilkan Warisan Budaya Karo Untuk Generasi Muda

merga.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PANGKALAN KERINCI - Melestarikan seni dan budaya merupakan tanggung jawab bersama. Sebab kenanekaragaman ini merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang tak ternilai harganya. Begitu juga yang dirasakan oleh warga Riau Kompleks PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang terdiri dari beranekaragam budaya, suku, dan agama. Salah satunya paguyuban masyarakat Karo, Merga Silima yang melaksanakan Pagelaran Seni dan Budaya, Sabtu (22/6/2019), di aula Foodcourt RAPP, Pangkalan Kerinci.

Kegiatan ini mengangkat tema 'Seni dan Budaya adalah Warisan Terbaik Buat Generasi Muda', menampilkan ragam kesenian dan kebudayaan asli masyarakat Karo, Sumatra Utara.

Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Pelalawan, H. Tengku Nahar mengatakan pagelaran seni ini dapat memperkenalkan budaya serta mampu membawa dampak positif bagi Pelalawan.

"Kegiatan ini dapat memupuk keharmonisan dalam keberagaman multi etnis yang ada di Riau Kompleks dan Kabupaten Pelalawan," kata Nahar.

Ketua Merga Silima, Mulia Tarigan mengatakan pentingnya menjaga dan mewariskan kebudayaan kepada para generasi muda.

"Generasi muda ini ke depannya tidak akan punya lagi kebanggaan masa lalu kalau warisan budaya ini tak terlindungi. Untuk itu, mari kita jaga dan lestarikan semua warisan budaya yang kita punya," pungkasnya.

Mewakili Manajemen RAPP, Jonson Siahaan mengatakan kegiatan ini menjadi ajang pemersatu masyarakat merga silima khususnya warga yang tinggal di Riau Kompleks dan sekitarnya.

"Ini bentuk silaturahmi dan ketulusan, menunjukkan kebhinnekaan di antara kita semua agar saling mempererat tali persaudaraan," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Merga Silima merupakan salah satu dari sebelas paguyuban yang ada di lingkungan Riau Kompleks RAPP. Setiap tahun pekan budaya digelar dalam rangka merajut kebersamaan dalam keberagaman yang didukung penuh oleh perusahaan. (rls)