Alaidin Koto: Ada Forum Kerukunan Umat Beragama Tidak perlu Lapor Melapor

PROF-ALAIDIN-KOTO.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tokoh Islam Riau, Professor Alaiddin Koto mengingatkan seluruh masyarakat Riau agar bisa menahan diri dari skenario adu domba yang sedang dimainkan oleh pihak luar.

"Mari jaga suasana agar tetap kondusif, ingat dan jaga kembali hubungan antar intern umat muslim maupun umat agama lain, yang menjaga negara ini adalah kita, tidak mungkin bangsa lain," ujar Alaiddin, Kamis, 22 Agustus 2019.

Negara ini harus diselamatkan bersama dari perpecahan yang timbul. Apalagi peran umat Islam yang notabenenya merupakan mayoritas di negara yang merdeka pada 74 tahun lalu ini.

Kemerdekaan bangsa ini, jelas Alaiddin, dibangun oleh pejuang yang beragama Islam sehingga apabila timbul narasi ada umat Islam yang ingin melawan negara, itu adalah ulah oknum yang Ingin mengadu domba bangsa.

"Pejuang Indonesia itu pada umumnya muslim, itu fakta yang tidak terbantahkan. Apakah muslim akan memberontak? itu keliru sekali. Tidak mungkin muslim menghancurkan sendiri rumah yang sudah dibangunnya," tuturnya.

Baca: Kasus UAS, Alaiddin Koto: Orang Awam Pun Tahu Ada Niat Dibalik Itu

Bahkan, sekalipun jika nanti ada bangsa lain yang menyerang Indonesia, Alaiddin memastikan ummat Islam pasti menjadi garda terdepan dalam mempertahankan negara ini.

"Makanya kalau ada masalah, sampaikan langsung. Bicarakan baik-baik, kan ada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), tidak perlu lapor melapor. Waktu kita habis untuk berkelahi, sementara negara ini dikuras negara lain. Apa yang kita dapat dari pertengkaran ini?," ulasnya.

"Ibarat mau menangkap ikan, keruhkan kolamnya dulu, kalau ikan sudah pening baru ditangkapnya. Negara ini sangat kaya raya, untuk menguasainya, mereka mengadu domba kita," tutupnya.