Aktual, Independen dan Terpercaya


Kasus UAS, Alaiddin Koto: Orang Awam pun Tahu Ada Niat Dibalik Itu

Abdul-Somad.jpg
(Internet)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Salah seorang tokoh Islam Provinsi Riau, Prof Alaiddin Koto menyayangkan sikap sejumlah kelompok tertentu yang ingin mencari-cari kesalahan Ustaz Abdul Somad.

Guru Besar Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim ini mengatakan, bahkan masyarakat awam pun tahu bahwa ada kepentingan dibalik upaya kriminalisasi terhadap Ustadz kondang asal Riau tersebut.

"Saya yakin seyakin-yakinnya kalau UAS tidak bermaksud untuk di publik, itu video di masjid dalam rangka untuk menguatkan akidah jemaahnya," kata Alaiddin, Selasa, 20 Agustus 2019.

Untuk itu, Alaiddin berharap agar seluruh pihak bisa menahan diri, pasalnya kondisi masyarakat sudah mulai agak tenang pasca perdebatan politik di masa Pemilu 2019 lalu.

Alaiddin menganalogikan ceramah Abdul Somad seperti sebuah keluarga, dimana si ayah lagi berbicara dengan anak dan istrinya kemudian tetangganya memviralkan.

"Misalnya kita lagi bicara sama anak dan istri, kemudian ada tetangga yang memviralkan. Apa maksudnya memviralkan? orang awam saja sudah bisa menebak ada niat tertentu dibalik itu," ujarnya.

Lebih jauh, Alaiddin menjelaskan bahwa apa yang disampaikan Abdul Somad merupakan hal yang merupakan keyakinan umat Islam, dimana Nabi Isa AS tidak pernah disalib.

"Bagi keyakinan umat Islam, yang disalib bukan nabi Isa AS, tapi orang yang ingin memcelakai nabi Isa AS," tutupnya.