Kampar Jadi Tuan Rumah Hari Keterbukaan Informasi Nasional

KIP-Nasional.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, JAKARTA - Kabupaten Kampar siap menjadi tuan rumah dalam rangka memperingati Hari Keterbukaan Informasi Nasional 2020 yang akan dilaksanakan 30 April mendatang dengan menghadirkan Duta Keterbukaan Informasi, Prof Dr Mohammad Mahfud MD S.H S.|U.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau, Zufra Irwan, usai Plh Bupati Kampar, Yusri dan pihak Dinas Kominfo Kampar bertemu dengan Ketua Komisi Pusat Gede Narayana beserta komisioner KIP Riau di Jakarta, Rabu, 7 Agustus 2019.

"Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional insya Allah dipastikan akan dipusatkan di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau," ungkap Zufra di Jakarta, didampingi komisioner bidang Pengelesaian Sengketa Informasi (PSI) Hasnah Hazali dan Sekretaris KIP Riau, Erisman Yahya.

Ditambahkan Zufra, Bupati Kampar sudah menyatakan kesanggupan dengan segala konsekwensinya terkait penyelenggaraan HKIN di Kampar.

“Beragam item akan dilakukan sempena HKIN di Kampar, yang paling utama adalah kampanye tentang keterbukaan informasi dihadapan seluruh kepala desa di Kabupaten Kampar berikut seluruh OPD,” rincinya.

Peringatan HKIN 2020 ini akan dihadiri oleh seluruh perwakilan Komisi Informasi se-Indonesia, dan di acara puncak peringatan HKIN nanti, semua komisioner KI se Indonesia akan menyaksikan MoU Keterbukaan Informasi bersama bupati dan walikota se-Riau.

"MoU ini nantinya juga akan saksikan langsung oleh Kementerian Kominfo dan KPK," tegasnya.

Setelah pertemuan di Jakarta ini, Zufra beserta pihak-pihak terkait segera mematangkan persiapan dengan melakukan pertemun selanjutnya, guna mendampingi Kabupaten Kampar dalam mempersiapkan kegiatan skala nasional ini.

“Kita bersama Bupati Kampar dan Dinas Kominfo Kabupaten Kampar akan segera mematangkan kegiatan sempena HKIN 2020. Jika soal teknis pendanaan kegiatan dan rencana item kegiatan sudah dimatangkan, agar terlaksana dengan sukses sesuai harapan kita bersama, sampai nanti kita juga akan menghadap Gubernur Riau, Pak Syamsuar,” kata Zufra.

Rangkaian kegiatan akan ditaja, sempena HKIN 2020 tersebut, seperti promosi Kabupaten Kampar. Salah satunya bidang pariwisata Kabupaten Kampar, yakni wisata sejarah Candi Muara Takus.

"Selain juga kita akan membawa tamu melihat wisata sejarah yang selalu menjadi tujuan wisatawan dalam maupun luar negeri, Istana Siak,” tutupnya