Gubri Syamsuar Bahas 5 Isu Strategis Bersama 10 Gubernur Se-Sumatera

gub-dan-10-gub-sumatera.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kopi dan minyak sawit atau Crude Palm Oil (CPO) menjadi komoditas unggulan di Pulau Sumatera yang dibahas dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se Sumatera di Bengkulu, Selasa (9/7/2019). Dalam Rakor ini 10 Gubenur se Sumatera berkumpul di Bengkulu termasuk Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Karo Humas Setdaprov Riau, Firdaus mengatakan, selain komoditas unggulan di pulau sumatera, setidaknya ada lima isu strategis yang dibahas dalam Rakor Gubernur se Sumatera ini. Diantaranya adalah, konektifitas pulau Sumatera - pulau jawa, konektifitas tol laut, konektifitas bagian timur dan tengah sumatera, komoditas unggulan di pulau sumatera dan terakhir kerjasama antar provinsi di Pulau sumatera.

"Hasil rakor ini nantinya bisa menjadi bahan untuk sumatera menghadap ke pusat dalam upaya peningkatan perekonomian nasional," kata Firdaus.

Rakor Gubenur se Sumatera di pusatkan di Hotel Grace Bengkulu. Sebelum pelaksanaan rakor berlangsung, rombongan gubernur se Sumatera ini menggelar jamuan makan malam di rumah dinas Gubenur bengkulu, Rohidim Mersyah. Rakos gubenur se Sumatera ini akan berlangsung hingga tanggal 10 Juli besok.

Firdaus mengungkapkan, rapat koordinasi gubernur se Sumatera ini membahas soal peningkatan peran pulau Sumatera dalam percepatan pembangunan ekonomi nasional. Melalui rapat tersebut diharapkan mamu menghasilkan keputusan strategis bagi pengembangan dan percepatan ekonomi di sumatera dan nasional.

"Kita berharap peluang ini bisa kita manfaatkan, apalagi provinsi Riau kan berada di tengah pulau sumatera," katanya. (*)