Masih Ada Warga yang Positif Covid Jadi Alasan Pekanbaru Belum PPKM Level 1

Penjemputan-pasien-covid-19.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE.)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kota Pekanbaru masih berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2. Penerapannya berlangsung hingga 6 Juni 2022 mendatang.

Meskipun sebaran kasus Covid-19 melandai, namun Kota Pekanbaru belum memenuhi indikator untuk bisa turun ke PPKM Level 1.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih menyatakan bahwa Kota Pekanbaru masih terdapat kasus aktif. Hal tersebut jadi pembahasan bersama satgas covid nasional.

"Kemarin itu waktu penilaian evaluasi dua minggu sebelumnya, kita masih ada kasus (positif covid). Ini kan baru dalam seminggu belakangan ini kasus nihil," ujar Zaini, Sabtu 4 Juni 2022.

Menurutnya, Pekanbaru masih memiliki tambahan kasus harian berkisar satu hingga dua kasus. Ada juga pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia.

"Walaupun ini lansia dan vaksinasi nya belum lengkap, itu yang membuat Pekanbaru masih berada di PPKM Level 2," paparnya.

Sementara, berdasarkan hasil pemetaan zona risiko Covid-19 per tanggal 30 Mei hingga 5 Juni 2022, sebanyak 15 kecamatan dan 83 kelurahan se-Kota Pekanbaru sudah berstatus zona hijau atau sudah tidak terdampak Covid-19.


 

Dari hasil pemetaan tersebut, Kota Pekanbaru juga sudah masuk dalam zona hijau. Namun Zaini Rizaldy menyatakan bahwa penetapan status Pekanbaru zona hijau masih menunggu evaluasi dari pemerintah pusat.

"Kita tunggu evaluasi pusat dulu. Tanggal 6 Juni baru diumumkan," sebut Zaini.