Hadiri Pesta, Ratusan Warga Koto Perambahan Diduga Keracunan Makanan

Warga-keracunan-di-kampar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)


RIAU ONLINE, KAMPA - Ratusan warga Desa Koto Perambahan, Kecamatan Kampa mengalami keracunan usai menghadiri resepsi pernikahan seorang warga. Sejumlah warga dirawat di beberapa Puskesmas dan rumah sakit.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Nurbit menyampaikan bahwa saat ini ada 48 orang yang dilarikan ke RSUD Bangkinang.

Nurbit menjelaskan kronologis kejadian, yang terjadi pada Sabtu, 30 Juni 2018, seorang warga di Desa Koto Perambahan yang mengadakan pesta dengan undangan sebanyak 400 orang. Sehari setelah itu, para tamu undangan mengalami gejala yang tidak biasa seperti muntah-muntah.

Terkait persoalan ini, Nurbit sudah memberikan laporan ke Bupati Kampar dengan kondisi darurat. Sesaat setelah menerima laporan, Bupati Kampar langsung memerintahkan seluruh tim medis agar bekerja dan siaga di Puskemas Kampa untuk menangani semu masyarakat Kampa yang mengalami keracunan hingga kembali pulih.

"Kami pihak dinas akan lakukan yang terbaik dalam penanganan masalah ini," kata Nurbit.


Sementara itu, sebanyak 27 warga yang didominasi kaum perempuan dan anak juga dirawat Rumah Sakit Bunda Anisyah Air Tiris. Dirut RSIA Bunda Anisyah ditemui Senin, 2 Juli 2018, menjelaskan korban yang dirawat di RSIA Bunda Anisyah kebanyakan kaum hawa dan anak-anak.

"Sejak sekitar pukul 21.00 Wib, Minggu malam para korban keracunan massal terus berdatangan dari puskesmas Kampar Timur ke RSIA Bunda Anisyah dengan kondisi korban lemas dan mual-mual," terang Dr. Andri. (*)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id