Nakes Terpapar Covid-19, Pelayanan Puskesmas Pucuk Rantau Dialihkan

Nakes12.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pucuk Rantau, Kabupaten Kuansing, Riau ditutup untuk sementara waktu karena adanya sejumlah tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19. Puskesmas Pucuk Rantau sudah tutup sejak, Jumat lalu.

Sementara pelayanan kesehatan untuk sementara waktu kini dialihkan ke layanan kesehatan wilayah terdekat yakni ke Puskesmas Lubuk Ramo, Kecamatan Kuantan Mudik.

"Jumat lalu Puskesmas kita tutup, dan pelayanan untuk sementara kita alihkan ke Puskesmas terdekat yakni ke Puskesmas Lubuk Ramo," ujar Kepala Puskesmas Pucuk Rantau, Esperiadi, Kamis, 29 Oktober 2020.

 

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Pucuk Rantau, pihaknya juga sudah turun kedesa-desa menyampaikan himbauan agar masyarakat lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Ada 10 desa kemarin kita turun menyampaikan langsung agar masyarakat disipilin menerapkan protokol kesehatan mulai memakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak," katanya.

Pihaknya juga menggandeng pemerintahan desa setempat dalam melakukan sosialisasi dilapangan. "Kita juga minta agar Satgas desa aktif melakukan sosialisasi dan pengawasan agar warga disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Sehingga kasus Covid-19 ini, katanya, bisa segera ditekan dan berakhir di Kecamatan Pucuk Rantau. "Seluruh desa sudah mengadakan masker untuk masyarakatnya, semoga masyarakat semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan ini," ujarnya.

Dimana terdapat 15 kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kecamatan Pucuk Rantau baru-baru ini. Dan awalnya hanya ada 4 kasus minggu lalu, dan minggu ini ada penambahan 11 kasus konfirmasi positif Covid-19.

"Dari jumlah tersebut ada tenaga kesehatan kita yang ikut terpapar, selebihnya mssyarakat. Saat ini semua pasien isolasi mandiri dirumah dengan pengawasan petugas kita dibantu pemerintahan desa," katanya.