14 Warga Kuansing Lakukan Swab Kedua Usai Kontak Dengan Pasien Covid-19 Asal Batam

Ilustrasi-SWAB-test3.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Sebanyak 14 orang warga Kuansing, Riau yang pernah kontak dengan TJM (40) pasien Positif Covid-19 asal Batam, menjalani tes swab kedua, Kamis, 11 Juni 2020. Mereka diketahui telah kontak dengan pasien tersebut karena pasien pernah tinggal di Kabupaten Kuansing selama lebih kurang dua bulan.

Pengambilan swab kedua dilakukan di Puskesmas Beringin Jaya, Kecamatan Singingi Hilir. Pengambilan swab kedua ini diikuti 14 orang warga diduga pernah kontak dengan pasien Positif Covid-19 asal Batam yang sempat tinggal di desa Sukamaju, Singingi Hilir dan bepergian menggunakan travel.

"Proses pengambilan swab kedua terhadap 14 orang ini tadi (Kamis,red) sudah dilakukan di Puskesmas Beringin Jaya. Tadi langsung dikirim ke Pekanbaru, kini tinggal menunggu hasil," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Kuansing, Jumardi, Kamis, 11 Juni 2020.

Jumardi mengatakan, untuk pengambilan swab sudah dilakukan sebanyak dua kali terhadap warga atau keluarga yang pernah kontak dengan yang bersangkutan. "Pengambilan swab pertama dilakukan Rabu dan kedua Kamis tadi," kata Jumardi.

Pihaknya tidak melakukan rapid test terhadap orang yang pernah kontak dengan bersangkutan. "Tidak rapid test, langsung kita ambil swab," terang Jumardi.

Sebanyak 14 orang yang sudah dilakukan pengambilan swab di antaranya kakak dan abang iparnya serta dua anaknya pernah tinggal satu rumah dengan yang bersangkutan.

Kemudian sopir travel dan ada dua penumpang, serta tiga perangkat desa dan 4 tenaga kesehatan di Puskesmas Beringin Jaya. "Total ada 14 diambil swab," jelasnya.

Swab tersebut, kata Jumardi sudah dikirim ke Pekanbaru dan kini tinggal menunggu hasil keluar. "Untuk yang lain kita tengah lakukan tracing, apakah masih ada yang pernah kontak dengan bersangkutan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, TJM (40) seorang perempuan warga Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dinyatakan Positif Covid-19 setelah menjalani tes swab di Pekanbaru dan hasilnya keluar pada Selasa, 9 Juni 2020.

Wanita ini diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Batam Kepulauan Riau ke Tarutung Provinsi Sumatera Utara (Sumut) 29 Februari 2020. Lalu, dari Tarutung ke Teluk Kuantan Kabupaten Kuansing.