Satu PDP Warga Kuansing Meninggal Saat Akan Dipindahkan ke Ruang Isolasi

rsud-kuansing.jpg
(robi)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid 19 asal Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing, Riau meninggal dunia saat akan dipindahkan keruang isolasi untuk dilakukan perawatan, Minggu, 5 April 2020.

RSUD Teluk Kuantan melalui keterangan pers yang diterima Senin, 6 April 2020, membenarkan pada Minggu, 5 April 2020 telah meninggal seorang pasien laki-laki dengan usia 25 tahun 11 bulan. Pasien meninggal di IGD RSUD Teluk Kuantan sekitar pukul 17.40 WIB.

Melalui keterangannya pihak RSUD mengatakan, kalau pasien tersebut merupakan pasien dari Puskesmas Lubuk Ramo dengan diagnosis rujukan Gerd.

Pasien tersebut masuk IGD RSUD Teluk Kuantan pukul 17.00 WIB dan ditangani langsung oleh dokter IGD RSUD Teluk Kuantan. Dari hasil pemeriksaan IGD didapatkan pasien mengalami sesak, batuk dan demam.

Dari keterangan RSUD Teluk Kuantan pasien ada riwayat kontak dengan sepupunya yang baru pulang dari Jember pada 23 Maret 2020. Kemudian pasien dipindahkan dari IGD ke tenda Pinere dan dikonsultasikan ke Ketua Tim penanggulangan Covid 19 RSUD Teluk Kuantan (dr Juliansef).

Oleh Ketua Tim pasien ditetapkan sebagai pasien PDP Covid 19 dan direncanakan dirawat diruang isolasi RSUD Teluk Kuantan. Saat masih ditenda pinere dan sedang persiapan perawatan diruang isolasi pasien mengalami henti napas dan dinyatakan meninggal oleh dokter jaga dihadapan keluarga.

Dikarenakan yang bersangkutan ditetapkan sebagai pasien PDP Covid 19, untuk kewaspadaan penularan dan sesuai pedoman pencegahan dan pengendalian Covid 19 dari Kementerian Kesehatan RI maka jenazah RA diberlakukan sesuai protokol pasien positif Covid 19.

Pihak RSUD Teluk Kuantan juga telah melakukan swab nasofaring terhadap jenazah pasien tersebut dan akan dilakukan pemeriksaan PCR Covid 19. Dimana sampel swab akan dikirim ke Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan selanjutnya Dinkes Riau mengirimkan sampel ke Litbangkes di Jakarta.

Dan untuk saat ini pasien tersebut belum ditetapkan sebagai pasien positif Covid 19 dan mudah-mudahan kita berharap hasilnya negatif. Untuk kapastian status positif dan negatif pasien menunggu hasil PCR.

RSUD Teluk Kuantan menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik serta tetap selektif menerima informasi dan tetap melakukan pysical distancing, PHBS, cuci tangan pakai sabun, dan jangan lupa memakai masker.

"Iya itu press release sudah kita sampaikan tadi," kata Direktur RSUD Teluk Kuantan, M Irvan Husin ketika dikonfirmasi Riau Online, Senin siang tadi.

-->