Pembangunan Gedung Puskesmas Sungai Keranji Diusulkan Melalui DAK

lokakarya.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO 

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Pembangunan gedung baru Puskesmas Sungai Keranji, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau diusulkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2021.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kuansing, Helmi Ruspandi mengatakan, lahan untuk pembangunan gedung baru Puskesmas Sungai Keranji sudah tersedia.

Lahan tersebut katanya berada di sekitar bangunan Puskesmas yang ada sekarang luasnya mencapai 2 hektar. Dimana dulunya bangunan Puskesmas Sungai Keranji merupakan bangunan pustu.

"Maka kita usulkan dibangun baru, anggaran yang diusulkan lebih kurang Rp 2 miliar," ujar Helmi saat menghadiri acara Lokakarya Mini Lintas Sektoral yang ditaja UPTD Kesehatan Puskesmas Muara Lembu bertempat di kantor Camat Singingi, Selasa, 4 Januari 2020.

Acara lokakarya tersebut juga dihadiri anggota DPRD Kuansing Fedrios Gusni dan Hisron. Juga hadir Camat Singingi Delfides Gusni dan Kepala Puskesmas Muara Lembu serta Upika dan undangan lainnya.

Helmi mengatakan, Puskesmas lainnya yang diusulkan untuk dibangun diantaranya Puskesmas Sungai Buluh di Kecamatan Singingi Hilir dan Puskesmas Sungai Sirih di Kecamatan Singingi.

"Dua Puskesmas ini juga kita usul dibangun menggunakan DAK," katanya.

Sementara untuk Puskesmas Taluk Kuantan kata Helmi juga diusulkan dibangun baru dengan anggaran lebih kurang Rp 6,5 miliar.

"Puskesmas Taluk ini diusulkan dibangun bertingkat dan lengkap dengan rumah dinas dan mobil ambulance nantinya," kata Helmi.

Untuk lahan pembangunan Puskesmas Taluk Kuantan tetap berada dilahan yang ada sekarang di samping Wisma Jalur. "Ini kita usulkan dibangun menggunakan Bantuan keuangan (Benkeu) Provinsi," pungkasnya.