Aktual, Independen dan Terpercaya


Komperensi Kritik Pemerintahan Mursini - Halim Lambat Ambil Kebijakan

KOMPERENSI.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau, Komperensi mengaku prihatin terkait terjadinya kekosongan tenaga dokter di Puskesmas Pucuk Rantau, Kabupaten Kuansing.

Kosongnya tenaga dokter di Puskesmas Pucuk Rantau sudah berlangsung sejak Mei 2018 lalu sampai saat ini. Selain tidak memiliki tenaga dokter umum, Puskesmas juga tidak memiliki tenaga dokter gigi.

"Seharusnya Pemda segera ambil kebijakan, kalau bisa secepatnya ditempatkan tenaga dokter disana, jangan sampai kosong, bagaimana pemerintah mau memberi pelayanan kesehatan secara maksimal untuk masyarakat, kalau dokternya tidak ada," tegas Komperensi, Rabu, 6 November 2019.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) juga mengkritisi lambatnya pemerintahan Mursini - Halim dalam mengambil kebijakan untuk menampatkan tenaga dokter di Pucuk Rantau yang sudah lama kosong.

Komperensi sempat mempertanyakan kenapa Pemda melalui Dinas terkait membiarkan hal ini terjadi begitu lama. "Satu tahun empat bulan kosong ini sudah lama sekali, kenapa dibiarkan," kritik legislator asal Kuansing yang saat ini duduk di DPRD Riau.

Menurut Komperensi seharusnya tenaga dokter yang lama itu tidak dipindahkan oleh Pemda melalui Dinas terkait,"sudah tahu dokter disana tidak akan ada kenapa dipindahkan," katanya.

Ia mendesak Bupati segera menempatkan tenaga dokter di Puskesmas Pucuk Rantau. "Ini harus secepatnya diambil kebijakan, segera ditempatkan tenaga dokter disana, jangan dibiarkan berlama -lama kosong," pungkasnya.

Komperensi menegaskan bagaimana pemerintah bisa memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat kalau mengambil kebijakan saja tidak bisa.

"Kalau bisa jangan saling lempar tanggung jawab, ini mendesak seharusnya Pemda itu segera menempatkan tenaga dokter disana, kalau tidak ada di Puskesmas kan ada di RSUD, tinggal ambil kebijakan, segera tempatkan mereka disana," tegasnya.

Sehingga pelayanan kesehatan bisa diterima masyarakat dengan baik. "Tenaga dokter di Puskesmas lain pasti ada lebih, kalau tidak ada juga bisa diambil di RSUD, karena ini mendesak," pungkasnya.

Komperensi juga meminta agar tenaga dokter dimana ditempatkan supaya mau tinggal dimana ia ditugaskan. "Dimanapun mereka ditempatkan harus mau tinggal disitu," katanya.