Aktual, Independen dan Terpercaya


HUT Ke-20 Kabupaten Kuansing Tanpa Kehadiran Pendiri. Ada Apa?

Rapat-Paripurna-DPRD-Kuansing.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ROBI SUSANTO)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE,TELUK KUANTAN - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-20 Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Sabtu, 12 Oktober 2019, minim dihadiri tokoh pendiri pembentukkan.

Dari puluhan tokoh pendiri dan pembentuk Kabupaten Kuansing dan pemuka masyarakat yang diundang, hanya beberapa terlihat hadir, seperti Aras Mulyadi, kemudian Almunir Safii, Syafril Manaf, Eka Daryanto, dan Adnan M Djudin.

Selain itu, sejumlah sesepuh Kuansing Syofainir, Supriata, Shuban Shabri dan Syawaluddin.

Selain minim dihadiri tokoh pendiri, peringatan HUT Kuansing tahun ini juga terlihat minim dihadiri Bupati dan Wakil Bupati serta perwakilan dari kabupaten tetangga. Sejumlah kursi tampak banyak tidak terisi. 

Peringatan HUT Kuansing tahun ini diawali dengan menggelar upacara di lapangan Limuno, Teluk Kuantan, Sabtu pagi. Upacara peringatan HUT Kuansing juga digelar di setiap Kecamatan.

Suasana di Selasar DPRD Kuansing

Kemudian sekitar pukul 10.00 WIB dilanjutkan dengan menggelar Rapat Paripurna Istimewa di kantor DPRD Kuansing. Rapat paripurna mengagendakan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kuansing Ke-20 Tahun 2019 langsung dipimpin Ketua DPRD Kuansing, Andi Putra didampingi Wakil Ketua DPRD, Zulhendri dan Jufrizal.

Rapat paripurna juga dihadiri Bupati Kuansing Mursini, Wabup Halim, Sekda Kuansing Dianto Mampanini, Forkopimda dan pejabat serta undangan lainnya. Dari Provinsi Riau terlihat Asisten II Sekdaprov Indra mewakili Gubernur Riau.

Sejumlah tamu undangan yang hadir dalam rapat paripurna di antaranya anggota DPRD Riau dari Daerah Pemilihan Kuansing, Sukarmis, Komperensi, Marwan Yohanis, dan Sardiyono. Juga tampak hadir mantan anggota DPRD Riau, Suhardiman Amby dan Abu Bakar Siddik.

Kemudian perwakilan kabupaten tetangga tampak menandatangani daftar hadir hanya Wakil Bupati Inhu, Khairizal. Paripurna juga tampak dihadiri mantan Sekda Kuansing, Muharman.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dewan DPRD Kuansing Mastur mengaku tidak mengetahui kenapa tokoh pendiri dan pemuka masyarakat Kuansing banyak yang tidak hadir.

"Kalau undangan sudah kita antar langsung kerumah-rumah," ujar Mastur.

Ia mengatakan ada lebih kurang 1.000 undangan disebar menghadiri rapat paripurna agenda peringatan HUT Kuansing tahun ini.

"Ada seribu undangan yang kita sebar," katanya.