Tunggu Izin, Lab Biomolekuler Pekanbaru Sudah Periksa 100 Sampel

oloan.jpg
(muthi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Meski masih menunggu izin operasional Laboratorium Biomolekuler dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes). Laboratorium Biomolekuler di RSU Madani milik Pemko Pekanbaru ternyata sudah memeriksa sebanyak 100 sampel swab.

Namun sampel pemeriksaan swab tersebut masih terbatas untuk kalangan internal. Apalagi izin belum dikeluarkan Balitbang untuk melayani masyarakat umum. Hal ini diungkapkan Direktur RSD Madani David Oloan, Jumat 11 Desember 2020.

"Masih untuk internal, sudah kita periksa 100 sampel lebih. Kemudian pasien yang menjalani perawatan di RSD Madani, juga dilakukan tes untuk mengetahui mereka masih terpapar Covid-19 atau dinyatakan negatif," ujarnya.

Jika izin operasional Laboratorium Biomolekuler sudah dikeluarkan Balitbang, David mengaku lab tersebut memiliki kapasitas hingga 1.000 sampel dalam satu hari. Sehingga bisa melayani masyarakat umum.

Agar pemeriksaan bisa dilakukan dengan lancar tanpa kendala, RSU Madani juga menempatkan 20 tenaga medis untuk bertugas di laboratorium Biomolekuler tersebut.