Pekan Ini, Pembagian BLT untuk Warga Pekanbaru Dipastikan Tuntas

Bantuan-Lansung-Tunai3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk warga Pekanbaru dijadwalkan akan berakhir Pekan Ini.  Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Pekanbaru bertugas membagi bantuan langsung tunai (BLT) bagi 6.223 kepala keluarga (KK) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, M Noer MBS, Senin 22 Juni 2020 mengatakan penyaluran sudah dilakukan sejak Kamis 18 Juni 2020.

''Ada 6.223 KK yang dibagikan lewat BPR Pekanbaru. Kita targetkan paling lama Kamis 25 Juni 2020 nanti,'' urainya.

Besar BLT yang dibagikan ini adalah Rp300 ribu per KK. Saat ini pembagian dilakukan untuk satu bulan dari dua bulan yang direncanakan.''Ini Rp300 ribu per bulan. Rencananya dua bulan. Tapi sekarang baru satu bulan,'' imbuhnya.

Agar pendistribusian tidak menumpuk, M Noer menyebut pendistribusian dilakukan per kecamatan.''Untuk warga yang berdomisili di tengah kota cukup datang ke BPR Pekanbaru di Jalan Arifin Achmad. Yang di pinggir Kota nanti personel kita yang datang ke kecamatan,'' paparnya.

Hingga akhir pekan kemarin, pihaknya kata Sekdako sudah menyiapkan dana pada 3.038 KK penerima. Pemindah bukuan dana sendiri baru selesai Kamis pekan lalu.

Saat pembagian, penumpukan sempat terjadi di depan BPR Pekanbaru hingga menyebabkan protokol kesehatan seperti terabaikan. Sekdako menyebut, ini terjadi karena warga penerima banyak yang tidak sabar.

''Di dalam sudah kita terapkan protokol kesehatan. Yang masuk dalam kita lakukan ukur suhu, cuci tangan. Tapi banyak yg tidak sabar.  Datang bukan pada jadwalnya,'' jelasnya.

Dia mengimbau agar tidak terjadi penumpukan warga, penerima tidak perlu datang sekaligus.

"Tidak harus sekaligus. Ada jam-jamnya. Makanya kita imbau datang sesusai jadwal,'' tutup M Noer yang juga merupakan Komisaris Utama BPR Pekanbaru ini