Bupati Alfedri Salurkan 500 Paket Bantuan Pangan Olahan Ikan dari KKP

Bupati-Siak-Alfedri7.jpg
(Riau Online)

RIAUONLINE, SIAK - Bupati Siak Alfedri secara simbolis menyerahkan 500 paket bantuan produk makanan olahan ikan kepada nelayan, ibu hamil dan pedagang, bersempena Kegiatan Safari Gemarikan bersama Komisi IV DPR RI dalam rangka penanganan dampak Covid 19 kepada masyarakat di Kabupaten Siak.

Bantuan yang bersumber dari APBN itu, disalurkan melalui Direktorat Pemasaran PDSPKP Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang terdiri dari 500 produk perikanan ikan salai asap, 500 produk soutindang, dan 1000 pack sarden home made dan 2500 masker.

Program Safari Gemarikan, ditujukan untuk mendukung program nasional penanganan stunting di daerah, disamping itu juga dimaksudkan untuk mendorong tumbuhnya usaha budidaya sektor perikanan serta memberikan pendampingan pemasaran dan mengintegrasikan kelangsungan untuk jangka panjang produksi.

Di Kampung Tualang, Bupati Alfedri menyerahkan 170 paket bantuan di Kantor Penghulu Tualang, Rabu (3/6/20). Penyerahan disaksikan Kadis Perikanan dan Peternakan Kabupaten Siak Susilawati, Sekcam Tualang Ari Darmawan, dan Penghulu Kampung Tualang Juprianto.

Penghulu Kampung Tualang Juprianto dalam sambutannya berharap bantuan aneka olahan produk makanan bersumber ikan tersebut dapat meningkatkan imunitas tubuh masyarakat penerima manfaat pada saat terjadi Pandemi Covid 19 saat ini.

"Mewakili masyarakat kami ucapkan terimakasih atas segala bentuk kepedulian pemerintah, termasuk berbagai bentuk bantuan lainnya yang disalurkan kepada 1600 KK di Kampung Tualang selama masa pandemi. Tentunya bantuan ini akan sangat membantu masyarakat kami selama masa sulit pandemi covid ini" kata Juprianto.

Sementara itu Kadis Perikanan dan Peternakan Kabupaten Siak Susilawati menyebut Pemkab Siak konsisten mengusulkan dukungan program bantuan kepada pemerintah pusat untuk daerah.

"Alhamdulillah salah satu bentuk dukungan pusat tersebut adalah program bantuan aneka makanan olahan ikan ini. Semoga bantuan lain juga dapat kembali dialokasikan di Kabupaten Siak" kata dia.

Di Kabupaten Siak kata dia, dialokasikan sebanyak 500 Siak dialokasikan di Kecamatan Tualang, Kandis dan Mempura, yang diharapkan dapat membantu imunitas kelompok masyarakat rentan seperti ibu hamil, anak balita, dan orang tua dari nelayan pedagang dan remaja produktif.

Bupati Siak Alfedri dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada Kememterian KKP bantuan yang diberikan, dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam menghadapi masa Pandemi Covid 19.

"Salah satu penerimanya adalah nelayan, disamping pedagang dan petani yang terdampak sosial ekonomi di masa Pandemi Covid 19. Semoga ujian ini cepat diangkat oleh Allah SWT, karena dampaknya luas dan merata hampir diseluruh sektor kehidupan masyarakat" kata Alfedri.

Karena bentuknya olahan ikan, Bupati Alfedri juga berpesan kepada masyarakat penerima manfaat agar bantuan bahan pangan tersebut segera di konsumsi.

"Begitu diterima mohon bapak dan ibu segera mengolah bantuan bahan pangan berbahan ikan ini agar kualitas dan manfaat yang diharapkan dapat terserap dengan baik" ujar Alfedri.

Di Kampung Marempan Hilir Kecamatan Mempura, Kamis (4/6/20). Bupati Alfedri juga menyerahkan langsung 80 paket bantuan kepada kelompok masyarakat rentan terdampak Covid 19 seperti Ibu hamil, orang tua yang sakit, remaja putri dan ibu menyusui, yang juga disaksikan Camat Mempura Desi Fefianti dan Penghulu Kampung Marempan Hilir.

"Ikan merupakan salah satu sumber protein hewan yang banyak mengandung protein, oleh karena itu banyak mengkonsumsi ikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh", kata Alfedri kepada para penerima bantuan.

Untuk kasus penyebaran covid-19 di Kabupaten Siak kata dia, hingga saat ini sudah empat orang yang dinyatakan positif Covid 19, dan saat ini seluruhnya telah dinyatakan sembuh dan kembali berkumpul bersama keluarga.

"Alhamdulillah untuk di Siak tidak ada penyebaran covid-19 antar sesama masyarakat, akan tetapi kasus positif datang dari orang yang baru pulang dari luar daerah", ucapnya.

Untuk itu selain meningkatkan daya tahan tubuh, sambungnya, memakai masker, rajin mencuci tangan, tidak bersentuhan, menjauhi keramaian dan menjaga jarak serta menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan Sehari-hari, juga hal yang harus dilakukan untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19.

"Semoga dengan adanya bantuan bahan makanan yang berasal dari ikan ini, dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kecerdasan dan juga dapat menyadarkan masyarakat pentingnya mengkonsumsi ikan karna sangat banyak manfaat yang didapatkan", harap Bupati Siak tersebut.

Alfedri juga berpesan agar seluruh masyarakat turut berpartisipasi aktif dan saling mengingatkan sesame dalam usaha memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Siak, misalnya dalam hal mengingatkan saling menjaga jarak dan memakai masker saat berada ditempat-tempat umum.