Pemkab Kuansing Minta Anggota DPRD Riau Perjuangkan APD

Bapemperda-DPRD-Provinsi-Riau.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuansing melalui Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 berharap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau memperjuangan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis kepada Pemerintah Provinsi Riau.

Hal tersebut disampaikan langsung Pemkab Kuansing melalui Asisten III Setda Kuansing, Agusmandar saat ada kunjungan kerja (kunker) Bapemperda DPRD Provinsi Riau ke Posko Pengawasan (Poskowas) Covid 19 yang ada di Kecamatan Cerenti, Rabu, 15 April 2020 kemarin.

Kunker Bapemperda DPRD Riau dipimpin Wakil Bapemperda Agung Nugroho dan hadir dalam rombongan anggota DPRD Riau diantaranya Karmila Sari, Sulastri, Kelmi Amri, Nurzafri, Marwan Yohanis, Abdul Kasim, Markarius Anwar, Ade Hartati Rahat, Muhammad Adil, Sardiyono dan M Arfah.

Agusmandar pada kesempatan tersebut juga menyampaikan harapan kepada Pemprov Riau agar mempercepat memfungsikan labor swab PCR di Provinsi Riau, agar uji labor swab terhadap Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bisa secepatnya diketahui.

Dan terakhir Agusmandar berharap supaya Pemprov Riau ikut membantu anggaran dan personil terutama di Poskowas batas Riau- Sumbar yang menjadi titik pintu masuk orang ke Provinsi Riau.

Dalam pertemuan tersebut anggota DPRD Riau juga memberikan masukan kepada Pemkab Kuansing diantaranya agar Pemda Kuansing segera membentuk Perda tentang penyakit menular. Melakukan operasi pasar bersama Bulog, menberikan insentif pajak dan retribusi daerah bagi usaha yang terdampak.

Kemudian memenuhi stok pangan yang mencukupi untuk masyarakat, melangkapi APD untuk tenaga medis dan petugas lainnya, segera menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga yang terdampak secara ekonomi dan juga harus ada dukungan dari Pemerintahan Desa melalui APBDes khusus dari Bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi.

Diakhir pertemuan anggota DPRD Riau asal Kuansing Marwan Yohanis membantu uang tunai Rp 10 juta untuk digunakan membeli APD petugas. Sementara Sardiyono membantu disinfektan sebanyak 3 jerigen.

Dalam pertemuan tersebut Agusmandar juga menyampaikan kalau Pemkab Kuansing telah melakukan beberapa kebijakan dalam upaya percepatan penanganan wabah Covid 19 ini.

Kebijakan tersebut diantaranya telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 sesuai regulasi dari Pusat. Pemkab juga telah menyiapkan dukungan anggaran untuk percepatan penanganan Covid 19 dengan menggunakan Belanja Tidak Terduga (BTT) dan pergesaran anggaran pada APBD tahun 2020.

Selanjutnya menyiapkan tenaga medis disetiap Puskesmas dan RSUD, menyiapkan ruang isolasi di RSUD Teluk Kuantan, menyiapkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk keluarga BDT, PKH dan masyarakat yang terdampak.

Juga memberikan bantuan sembako bagi keluarga PDP dan ODP yang melakukan isolasi mandiri. Dan membangun Poskowas di 5 titik pintu masuk ke Kuansing.

-->