Seorang IRT di Pelalawan Dinyatakan Positif Covid-19

Posko-Corona.jpg
(riski)

Laporan: RISKI APDALLI

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) berinisial, RDP (50), warga Pangkalan Kerinci, Pelalawan, dinyatakan positif Covid-19, pada Kamis, 2 April 2020. Pasien berstatus PDP ini dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan sampel swab dari laboratorium kementerian kesehatan.

"Setelah berkoordinasi dengan provinsi baru bisa kita nyatakan pasien berstatus PDP itu positif virus corona," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pelalawan Asril, Kamis, 2 April 2020.

Kadis Kesehaan Pelawan ini menjelaskan, pasien positif Covid-19 selama ini menjalani isolasi di Rumah Sakit (RS) Santa Maria, Pekanbaru, Riau.

Pasien ini, tambahnya, memiliki riwayat perjalanan dari daerah zona merah, Jakarta. Warga Pangkalan Kerinci ini menjadi pasien ke-7 di Provinsi Riau yang positif Covid-19.

"Berdasarkan laporan penyelidikan epidemilogi Puskesmas dan Diskes, bersangkutan mempunyai riwayat ke zona merah, di Jakarta," beber Asril.

Selain itu, kata Asril, orang yang dekat seperti anak-anaknya, saat ini sudah dilakukan pemeriksaan swab di RSUD di Pangkalan Kerinci guna menentukan apakah kontak tersebut, terinfeksi Covid-19 atau tidak.

"Saat ini ketiganya sudah kami lakukan pemeriksaan swab di RSUD Selasih, sambil menunggu hasil swab-nya. Tentunya setiap kontak dengan pasien positif corona, wajib diperiksa," ujar Asril.

Dinkes, tuturnya, mengimbau agar masyarakat jangan terlalu panik dan selalu tetap menjalani protokol Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dan himbuan yang telah di edarkan pemerintah.

"Untuk masyarakat jangan ada yang panik, jaga kesehatan dan makan makakan yang sehat sesuai himbuan pemerintah dan protokol Kemenkes," pungkasnya. 

-->