Modifikasi Alat Semprot Hama, Pemuda Jalan Kelly Semprotkan Desinfektan Secara Sukarela

pemuda-kelly.jpg
(istimewa)

Laporan: AULIA RONI TUAH

RIAUONLINE, PEKANBARU - Berawal dari informasi dari Pemberitaan dan Media Sosial (Medsos) tentang pembuatan cairan Desinfektan, Pemuda Jalan Kelly, Kelurahan Tangkerang Selatan, Pekanbaru, lakukan penyemprotan secara mandiri pada Senin 23 Maret 2020 Kemarin.

Dengan memodifikasi alat penyemprot Hama, Pemuda ini berkeliling menggunakan becak motor, menyemprotkan keseluruh rumah yang ada di RT.01, RW.09 Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru. Salah satu pemuda bernama Adi mengatakan pada Selasa 24 Maret 2020, Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya membantu pemerintah mencegah penyebaran Virus Corona di Kampungnya.

"Di dalam rumah baik, tetapi kita keluar sementara untuk sterilisasi baru masuk ke rumah masing-masing, mungkin lebih baik untuk mencegah penyebaran virus," Kata Adi.

Saat ditanyakan sumber dana untuk penyemprotan ini, ia mengatakan bahwa mereka mengumpulkan uang secara sukarela dari warga.

"Kami pemuda mengumpulkan uang dahulu, kemudian kami berbagi tugas, ada meminta ke warga secara sukarela sebagai tambahan dana, ada yang membeli bahan, dan ada yang tugasnya menyemprotkan cairan tersebut," Jelasnya.

Pemuda ini menggunakan cairan pembersih lantai, sebagai campuran untuk penyemprotan, yang diketahuinya dari Pemberitaan dan Medsos.

"Bahan campuran airnya kami menggunakan bayclen, dan cairan pembersih lantai," Sebutnya.

Saat dilakukan penyemprotan kata Adi, ada juga masyarakat yang protes, tidak ingin rumahnya disemprot.

"Mau nyumbang atau tidak nyumbang tetap kami lakukan penyemprotan, tapi ada juga warga yang protes rumahnya disemprot, tapi kami positif thinking saja, berarti dia tidak tahu tentang bahayanya virus ini," Kesalnya.

Sebagai upaya membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran Convid-19 atau Virus Corona, Direncanakan setiap seminggu sekali melakukan penyemprotan Desinfektan.

"Kami lagi berupaya, setiap hari Minggu, kami lakukan penyemprotan, melihat partisipasi warga," Tutupnya.

-->