Didampingi Istri, Syamsuar-Edy Natar Resmi Sandang Gelar Adat Melayu dari LAM Riau

syam-edy-diberi-gelar-adat.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan Wakilnya Edy Natar Nasution resmi menyandang gelar adat dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Sabtu (6/7/2019). Masing-masing mendapatkan gelar Datuk Seri Setia Amanah untuk Syamsuar dan Datu Seri Timbalan Setia Amanah untuk Wagubri Edy Natar Nasution.

Prosesi penabalan gelat adat melayu Riau ini berlangsung di balai adat LAM Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru. Ratusan undangan dari berbagai kalangan hadir menyaksikan proses penabalan gelar adat kepada kepala daerah di Riau ini.

"Tidak sedikut pun meragukan kemelayuan dan kepeludian tuan Syamsuar dan Edy Natar Nasution. Itulah sebabnya kenapa gelar ini secepat ini kami berikan," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau, Syahril Abu Bakar, di Gedung LAM Riau, Sabtu (6/7/2019).

"Selama menjabat bupati Siak, Tuan Syamsuar sudah teruji kepemimpinannya, begitu juga dengan tuan Edy yang sudah 38 tahun berkelana di Nusantara dan luar negeri sebagai Anggota TNI, namun bahasa melayunya tetap melekat," imbuhnya.

Syahril menjelaskan, pihaknya optimis dibawah kepemimpinan Syamsuar - Edy Natar, Riau akan bisa menjadi provinsi yang maju dan berkembang dengan tetap menjunjung nilai-nilai adat melayunya.

"Komitmen berdua tak dapat diragukan lagi membangun Riau lebih baik. Karena ada tugas besar yang harus diselesaikan LAM Riau yang perlu payung panjinya dan bimbingan gubernur dan Wagub Riau," katanya.

Prosesi penabalan gelar adat melayu, ditandai dengan pemasangan pakaian kebesaran adat melayu, dilanjutkan pemasangan tanjak, kemudian pemasangan keris, dan selempang.

Setelah itu dilanjutkan tepuk tepung tawar kepada gubernur dan Wagub Riau beserta istri, yang diawali oleh Datuk Al Azhar dan seterusnya oleh para datuk-datuk LAM Riau, dan tokoh masyarakat Riau.

"Pemberian gelar adat ini sudah melalui musyawarah mejelis kerapatan adat. Sehingga tuan Syamsuar dan Edy Natar berhak menyandang gelar adat LAM Riau selama masa jabatan sebagai Gubernur dan Wagub Riau," kata Ketua Umum MKA Riau, Al Azhar saat acara penabalan gelar adat kepada Syamsuar dan Edy Natar. (adv)