11 Ekor Gajah Dekati Pemukiman Warga di Kampar

gajah-liar.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kawanan gajah yang berjumlah 11 ekor berkeliaran hingga mendekati areal pemukiman warga Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau.

Hingga Sabtu hari ini, petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau masih terus berusaha menggiring kawanan gajah terdiri dari indukan dan anakan itu kembali ke hutan.

"Tim Balai Besar KSDA Riau dibantu warga, anggota Babinsa desa setempat masih melakukan penggiringan kawanan gajah liar dari lokasi semak belukar yang berdekatan dengan kebun dan pemukiman warga," kata Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati di Pekanbaru.

Dalam melakukan upaya penggiringan tersebut, petugas melakukan penjagaan di beberapa titik tempat lintasan, agar kawanan gajah liar tidak masuk kembali ke daerah pemukiman.

Sampai saat ini tim masih terus berada di lokasi melakukan penjagaan. Dengan dibantu dua ekor gajah jinak dari Pusat Latihan Gajah Minas, Siak, petugas terus berusaha menggiring hewan bongsor itu kembali ke jalur asal.

Dian mengatakan keberadaan satwa tersebut mulai terpantau memasuki areal pemukiman warga Desa Karya Indah sejak Jumat kemarin.

Sementara itu, Dian menambahkan jika konflik gajah dan manusia berulang kali terjadi di Riau. Bahkan, tren terjadinya konflik cenderung meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. (**)