Tugu Selamat Datang Dieksekusi, Inikah Lokasinya yang Baru?

Simpang-SKA.jpg

Laporan: FATMA KUMALA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jika pagi ini Anda melintas di ruas jalan Simpang Komersial Arengka (SKA), Pekanbaru, maka Anda tidak akan menjumpai lagi patung Tugu Selamat Datang.

Patung berbentuk seorang wanita yang memegang kotak tapak sirih di tengah persimpangan padat Kota Pekanbaru tersebut telah dieksekusi pada Rabu, 21 Maret 2018 malam tadi. Pengerjaan penurunan tugu tersebut dilakukan oleh enam petugas safety sejak pukul 23.00 WIB.

Baca juga:

Lelang Flyover Simpang SKA Harus Rampung Februari Ini Atau Batal!

Flyover SKA Dibangun, Tugu Selamat Datang Dan JPO Harus Pindah

Selama proses eksekusi berlangsung, tampak masyarakat yang melintas jalanan tersebut ikut berhenti dan menyaksikannya. Mereka mengaku ingin menyaksikan momen langka seperti ini.

Seperti diungkapkan Marjuhan, warga Cipta Karya, Tampan. Ia mengaku tak sengaja melintas dan kemudian berhenti untuk melihat proses pengerjaan penurunan tugu ini.

"Ya berhenti, karena ini momen langka. Sayang dilewatkan," katanya kepada RIAUONLINE.CO.ID.

Marjuhan juga mengatakan tidak ada masalah dengan pemindahan tugu selamat datang, karena tujuannya untuk pembangunan jalan layang (flyover). Jadi pemindahan ini memang sesuai dengan fungsinya.

"Ya, inikan demi pembangunan flyover makanya dipindahkan, ya gapapa. Dengan adanya flyover ini natinya semoga gak ada macet lagi dari arah Panam ke pusat kota. Tak masalah patungnya pindah. Tapi kalau bisa, posisinya yang baru tetap di gerbang kota. Kalau gak dipindahkan sayang," ucapnya.

Lalu, akan diletakkan dimanakah patung tugu selamat datang itu?

Khairul, petugas safety yang bekerja menurunkan tugu tersebut mengaku tidak mengetahui dimana tugu tersebut nantinya akan dipindahkan. Ia hanya menyebutkan bahwa tugu itu disimpan dulu.

"Ngga tahu mau dipindahlan ke mana, belum ada informasi. Sementara disimpan dulu, tempatnya ada di depan showroom Toyota," sebutnya.

Namun diberitakan sebelumnya, Kepala Bagian Infrastruktur Setdako Pekanbaru, Azhar pernah mengungkapkan bahwa memang akan ada beberapa pekerjaan lain sebelum proyek flyover dilaksanakan.

Diantaranya memindahkan Tugu Selamat Datang dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang berada di Jalan Soekarno-Hatta, tepatnya di depan Mall SKA Pekanbaru.

"Berdasarkan rapat yang telah kita lakukan bersama tim, beberapa fasilitas umum dan monumen yang akan kita pindahkan. Seperti JPO kita pindahkan ke Rumbai tepatnya di Jalan Yos Sudarso, monumen patung selamat datang kita pindahkan ke Terminal AKAP," sebutnya. (1)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id