Satpol PP Enggan Turunkan APK, Bawaslu Imbau Panwaslu Gelar Diskusi

ILUSTRASI-KAMPANYE.jpg
(INTERNET)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Terkait belum tuntasnya permasalahan Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih terpampang di beberapa titik di Kota Pekanbaru, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menginstruksikan Panwaslu kota Pekanbaru segera mengundang Satpol PP Pekanbaru.

Hal ini disampaikan langsung oleh anggota Bawaslu Neil Antariksa, ia mengimbau agar Panwaslu segera mengirimkan surat resmi kepada Satpol PP agar bisa dicarikan solusi terkait penolakan Satpol PP untuk menurunkan APK.

"Ya kita sudah tahu, makanya kita minta Panwaslu mengundang Satpol PP Pekanbaru dan sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk mendiskusikan ini," ujar Neil, Sabtu, 24 Februari 2018.

Nantinya, lanjut Neil, apabila Satpol PP punya landasan hukum lain untuk menolak membantu menurunkan, bisa dicarikan solusinya segera.

Sementara itu, Kasatpol PP Pekanbaru Agus Pramono, menyatakan bahwa pihaknya sudah menurunkan APK apabila itu memang melanggar Perda, dan tidak perlu diberitahu oleh Panwaslu.

Memang, diakui Agus pihaknya tidak menurunkan semua APK karena ada APK yang memiliki izin dan ia tidak berwenang melepaskannya, sebab ada ketentuan terkait itu.

"Kalau billboard yang di atas itu kan ada izinnya, ada pajaknya dan itu ketentuannya sudah ada. Saya tidak berwenang melepaskan kecuali ada perintah dari Plt Walikota Ayat Cahyadi," jelasnya.

Selain itu, Agus juga mengkhawatirkan ia akan dituding melanggar netralitas ASN apabila hanya menurunkan satu APK paslon saja, dan tidak bisa menurunkan secara serentak.

"Misalnya kami turunkan satu APK, lalu hari sudah senja dan kami akan lanjutkan besoknya, nantinya kan kami dibilang tidak netral karena hanya menurunkan satu APK saja," tambahnya.

Mengenai surat undangan yang akan segera dikirimkan Panwaslu, Agus mengaku siap apabila memang dipanggil untuk itu.

"Dalam PKPU No.4/2017 itu kan hanya menyebutkan bahwa Panwas dapat berkoordinasi dengan Satpol PP, bukannya memerintahkan Satpol PP, saya akan jelaskan nanti. Kalau memang dipanggil saya pasti datang," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id