GenBI Riau Taja Kampanye Peduli Anak Disabilitas

Kampanye-Peduli-Anak-Disabilitas.jpg
(Fatma Kumala)

LAPORAN: FATMA KUMALA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Riau menggelar kegiatan Kampanye Peduli Anak Disabilitas di Transmart Pekanbaru pada 3 Desember 2017 lalu. Kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab serta kepedulian GenBI Riau, sekaligus bersempena dengan Hari Disabilitas International.

Ketua Panitia Kegiatan Eet Mardewita mengatakan adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut yaitu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai disabilitas sehingga masyarakat mendapatkan pemahaman yang baik dan komprehensif.

"Kegiatan ini digelar untuk memberikan dampak yang lebih meluas bagi masyarakat," kata Eet kepada riauonline.co.id, Jumat 8 Desember 2017.

Eet menjelaskan adapun rangkaian kegiatan tersebut yaitu dialog inspiratif menghadirkan Irene yang berprofesi sebagai psikolog dan Galan yang merupakan praktisi disabilitas.

"Melalui dialog tersebut, masyarakat diberikan pemahaman mengenai anak-anak yang mengalami disabilitas dimana mereka hanya memiliki keterbatasan secara fisik, namun pada dasarnya mereka merupakan anak-anak yang hebat yang tidak hanya memiliki bakat yang luar biasa namun dapat berprestasi secara akademik layaknya anak-anak yang lainnya," ungkapnya.

Kemudian, dalam diskusi tersebut, masyarakat juga diajarkan bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan anak-anak disabilitas yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan ketika berinteraksi secara sosial sehingga mereka merasakan bahwa kehadiran mereka sangat dapat diterima di tengah-tengah masyarakat.

Tidak hanya kegiatan dialog inspiratif, GenBI Riau juga memberikan space kepada anak-anak disabilitas untuk menunjukkan bakat dan mengeksplorasi diri kepada masyarakat. Ada yang bernyanyi, ada yang menari, ada yang fashion show bahkan ada yang bermain alat musik.

"Sungguh ada rasa haru ketika melihat penampilan anak-anak tersebut dimana sangat terlihat jelas bahwa keterbatasan justru tidak menjadi penghalang buat mereka. Tidak ada rasa mengeluh yang terucap dari bibir mereka, justru mereka memberikan energi yang positif bagi GenBI Riau dan pengunjung mall yang hadir dan menunjukkan bahwa mereka bisa dan mampu sama seperti anak berbakat lainnya," tuturnya.

GenBI Riau sangat berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini setidaknya dapat menyentuh hati masyarakat untuk tidak memandang sebelah mata, namun justru membantu mereka untuk membangun rasa percaya diri untuk berinteraksi secara sosial di tengah-tengah masyarakat.

"Karena sungguh, mereka sama seperti kita anak Indonesia yang menjadi generasi penerus bangsa," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id