Inilah Pesan Wapres Jusuf Kalla ke Warga Riau. Apa Itu?

Gubernur-Riau-Hadiri-HKN-Ke-53.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: NANDA FADILLA SARI 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jalan sehat serta pemeriksaan kesehatan secara gratis memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di arena Car Free Day, Jalan Diponegoro, depan Gedung Daerah, tumpah ruah dengan ribuan masyarakat, Minggu, 12 November 2017.

Antusias ini terlihat saat antusias masyarakat mengikuti senam pagi, rangkaian dari kegiatan HKN tahun 2017 ini. Tidak hanya Riau melakukan jalan sehat, tetapi diikuti 6 provinsi di antaranya Bali, Surabaya, Banjarmasin, Palu dan Bengkulu.

Tak hanya itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Kesehatan juga hadir dalam peringatan HKN ke-53 ini dengan melakukan telekonferen dengan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, beserta ribuan warga lainnya. 

"Kesehatan itu kebutuhan mutlak untuk kita semua, kekurangan kesehatan membuat masalah hidup kita, maka dari itu kesehatan sangat penting," tuturnya saat teleconfrens. 

Dinkes Riau Imbau Rumah Sakit, Klinik Dan Faskes Beri Diskon 5,3 Persen

1.200 Wanita Ikut Pemeriksaan Kanker Serviks Di Pekanbaru

Begitu juga dengan Gubernur Riau, Andi Rachman, sapaannya, mengatakan, Riau sudah bekerja sama dengan OPD yang ada menunjang sektor kesehatan. Saat penyelenggaraan Car Free Day ada pemeriksaan gratis untuk masyarakat.

Peringatan HKN Ke-53 ini juga diramaikan door prize untuk masyarakat yang mengikuti jalan santai. 

Sebelumnya, memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 yang jatuh pada Minggu, 12 November 2017, setiap fasilitas kesehatan di Riau, mulai dari Puskesmas, rumah sakit, klinik laboratorium dan sarana lainnya memberikan potongan harga (diskon) 5,3 persen kepada masyarakat dari harga normal. 

Saat ini spanduk diskon 5,3 persen untuk berobat di setiap sarana pelayanan kesehatan tersebut sudah mulai terpasang.

"Diskon berobat 5,3 persen ini berlaku untuk rawat inap dan rawat jalan, dan selama bulan November saja di 2017," kata Kepala Diskes Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Kamis, 9 November 2017, di ruang kerjanya. 

 

Tidak hanya itu, tuturnys, kegiatan kesehatan lainnya juga akan dilaksanakan tepat pada peringatan HKN, Minggu, 12 November 2017, Dinkes akan mengadakan jalan sehat untuk masyarakat.

Kegiatan ini menyediakan kurang lebih 150 stand kesehatan berKolaborasi dengan rumah sakit, klinik, baik itu pemerintahan atau swasta. Ini diperuntukan masyarakat ingin memeriksakan dirinya, seperti memeriksa tensi, gula darah, bahkan kolesterol, dan ini gratis.

"Diulang tahun HKN ke-53 ini mengangkat Tema sehat keluargaku sehat indonesiaku, ini dimulai dari lingkungan keluarga. Sehat keluarga sehat juga indonesia begitu jugasehat riauku," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id