Saat Salat Jumat, Dua Polwan Ditempatkan Jaga Keamanan di Mesjid

Polwan-Jaga-Mesjid-saat-Salat-Jumat.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ada pemandangan tak lazim dua pekan terakhir saat umat muslim menjalankan ibadah Salat Jumat di beberapa mesjid di Kota Pekanbaru. 

Pemadangan tersebut adalah kehadiran minimal dua anggota Polisi Wanita (Polwan) yang mengatur arus lalulintas serta menjaga keamanan kaum laki-laki hendak menunaikan Salat Jumat. 

Mereka terlihat kadang di dalam mesjid, atau di luar mesjid sambil mengatur lalu lalang kendaraan yang melintas rumah ibadah tersebut. 

Baca Juga: Jadi Korban Tabrak Lari, Kapolda Ini Gendong Anak Kecil Dan Tanggung Seluruh Biaya Pengobatan

Kepala Polresta Pekanbaru, Kombes Pol Susanto mengatakan, penugasan satu hingga dua Polwan, bahkan lebih menjaga, bertujuan menjamin rasa aman bagi yang menjalankan ibadah. 

"Polwan ini gunanya untuk menjamin rasa aman umat Islam yang menunaikan Salat Jumat, juga menekan kejahatan, seperti pencurian sepeda motor, pecah kaca mobil dan lain sebagainya," kata Kombes Pol Susanto, Sabtu, 8 Juli 2017.

Ia menjelaskan, beberapa mesjid yang mendapat pengawasan dan penjagaan dari Polwan, di antaranya Mesjid Al Falah Jalan Sumatera, Mesjid Ar Rahman Jalan Sudirman bawah fly over, Mesjid Al Ridwan, Mesjid Taqwa, Mesjid Al Khairat, Mesjid Fida'aman, Mesjid Muslimin, Mesjid Akramunas di Ronggowarsito, dan Mesjid As Salam.

Kesemua mesjid tersebut yang terletak dan tersebar di beberapa Kecamatan kota Pekanbaru.

Pada kesempatan yang berbeda, upaya untuk menekan kejahatan di saat masyarakat tengah khusus beribadah ini mendapatkan perhatiak khusus dari masyarakat setempat.

Bayu misalnya, jamaah mesjid Ar-Rahman yang sudah lama beribadah dan selalu melakukan ibadah Jumatnya di mesjid ini menuturkan bahwa aksi dari Polwan ini tepat dan dapat mencegah angka kejahatan yang acap kali diketahuinya.

Klik Juga: Subhanallah, Kapolda Ini Rela Pikul Beras Untuk Warga Miskin Yang Lumpuh

"Saya sangat mendukung upaya dari Polresta Pekanbaru ini terutama untuk pengamanan ditempat-tempat ibadah. Saya harap pengamanan ini tak berhenti sampai disini," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline