Aktual, Independen dan Terpercaya


Jakarta Juara Umum Olimpiade Sains Nasional. Bagaimana dengan Riau?

Pengalungan-Medali-ke-Peserta-OSN.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Setelah berjuang dan menungu hasil cukup lama, akhirnya berdasarkan penilaian dari Dewan Juri, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta keluar sebagai juara umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) XVI, Riau 2017, Jumat, 7 Juli 2017. 

Hasil ini diumumkan serentak dari SD hingga SMA. Sehingga saat pembacaan itu disampaikan, banyak dari peserta bahkan pendamping merasa terharu karena berhasil tercatat sebagai pemenang dan tak sedikit kecewa karena tak dipanggil namanya.

Bagi siswa berhasil, pantauan RIAUONLINE.CO.ID, tak jarang mereka melompat-lompat ‎dan berteriak di depan peserta lainnya karena tak bisa membendung rasa bahagianya.

Baca Juga: Tingkah Lucu Peserta OSN XVI Pekanbaru Bikin Haru

Sementara bagi yang belum berhasil, mereka hanya tertunduk lesu, sesekali memberikan selamat kepada rekan mereka satu daerah atau lain provinsi. daerah.

Pada perlombaan itu, Jakarta meraih 16 emas, 36 perak dan 21 perunggu dari total 420 medali diperebutkan. Sementara runner up Jawa Tengah mendapatkan15 emas, 17 perak dan 31 perunggu.

Menanti Harap-harap cemas

Sedangkan, Jawa Timur pulang dengan membawa peringkat ketiga dengan torehan 10 emas, 20 perak dan 27 perunggu. Untuk tuan rumah harus puas dengan mengumpulkan empat emas, empat perak dan 12 perunggu.

Pada kesempatan sama, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen), Hamid Muhammad, menjanjikan bagi siapa saja sukses mendapatkan medali apapun, maka akan berpeluang mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi olimpiade internasional.

Klik Juga: (Video) Para Pejabat Pidato Di Panggung, Anak-Anak Malah Nguap Dan Tidur

"Bagi adik-adik SD yang menang akan diikutsertakan dalam seleksi olimpiade internasional matematika di Singapura. Untuk SMP, seleksi olimpiade di Belanda, sementara SMA, seleksi tidak di tahun ini, tetapi tahun mendatang," tegasnya.

Caranya bagaimana? Setiap pemenangan yang sukses mendapatkan medali akan diseleksi kembali. "Tidak serta merta yang dapatkan medali akan diberangkatkan. Mereka akan mengikuti masa training center dalam waktu dekat," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline