Meski Lebaran, Satgas Karhutla Tetap Siaga Amankan Hutan Riau

Tim-Satgas-Padamkan-Api.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapolda Riau, Irjen Pol Zulkarnain menegaskan bahwa menjelang Idul Fitri 1438 H satgas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tak akan memberikan ruang sejengkal pun bagi para perambah hutan dan lahan.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, menjelang lebaran seperti saat ini para perambah hutan dan lahan akan bekerja lebih giat karena menganggap para petugas akan cuti libur dan tak bekerja seperti sediakalanya.

"Saya tegaskan patroli tetap akan kami lakukan. Tidak ada kata libur maupun satgas tak bekerja terutama satgas darat, apa lagi udara," katanya di SPN Jalan Patimura, Senin, 19 Juni 2017.

Terutama saat ini satgas darat yang terdiri dari Kepolisian, TNI AD dan satgas yang lainnya telah mendapatkan bala bantuan tiga helikopter tambahan, Minggu 28 Mei 2017.

Baca Juga: 4.500 Pasukan Dikerahkan di Operasi Ramadniya Siak 2017

Tiga helikopter itu seperti satu helikopter MI-171, satu helikopter MI-8 dan satu helikopter S-61 Sikorsky yang sebelumnya penanganan karhutla telah dilakukan oleh dua buah helikopter MI-172 dari satgas udara karhutla Riau.

"Kita juga sudah mendapatkan bantuan helikopter. Tentunya kami tim darat merasakan terbantukan dengan kehadirannya untuk melakukan penyegelan atau police line yang daerahnya tak terjangkau," tambahnya.

"Intinya, kami imbau kepada masyarakat untuk tidak lagi melakukan aksi bakar-bakarnya. Terkena penjara 1-2 tahun kan lumayan juga tuh," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline