Waspadalah, Rokok Bisa Jadi Pemicu Diabetes

Bahan-Berbahaya-di-Rokok.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Kebiasaan merokok tak hanya memicu penyakit jantung, stroke dan masalah kardiovaskular lainnya. Menurut Ketua Pengurus Besar Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia), Prof Dr Agung Pranoto, kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan risiko mengidap diabetes.

 

"Merokok itu faktor risiko utama yang mengakibatkan masalah pada pembuluh darah seperti stroke dan jantung koroner. Jika pembuluh darah rusak maka seseorang rentan mengidap diabetes," ujar Prof Agung pada temu media di Jakarta, Kamis (5/11/2015). Sebagaimana dilansir RIAUONLINE.CO.ID dari laman Suara.com. (KLIK: Anda Berperut Buncit? Waspadalah, Ini Bahayanya)

 

Sayangnya banyak masyarakat yang tak menyadari bahwa kadar gulanya berada di atas ambang normal. Mereka tetap menjalani gaya hidup tak sehatnya itu hingga akhirnya mengalami gejala-gejala dari diabetes yang umumnya muncul pada stadium kronis.

 

"Bahkan dampaknya mereka tidak bisa merasakan nyeri dada akibat komplikasi jantung yang dideritanya. Tiba-tiba langsung jatuh karena saraf sensorinya sudah tidak peka," imbuhnya. (BACA: Habis makan, Kantuk Datang. Kenapa ya?)

 

Padahal mencegah diri dari diabetes, menurut Prof Agung sangat sederhana. Dengan menjalani gaya hidup sehat seperti memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, istirahat cukup, rajin olahraga, menghindari asap rokok, mengelola stres dan rutin memeriksakan kondisi kesehatannya.

 

"Diabetes bisa dicegah dengan gaya hidup sehat. Tentunya jika terhindar dari diabetes dan komplikasinya, seseorang bisa menghemat biaya pengobatan dan mencegah terjadinya kecacatan atau bahkan kematian," pungkasnya.