Aktual, Independen dan Terpercaya


Jokowi, Kalla dan Pejabat Negara Ramaikan Kongres HMI

Wapres.jpg
(Internet)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Panitia Nasional Kongres HMI ke 29 menyatakan telah siap menyambut kedatangan ribuan kader se-Indonesia. Kongres HMI dijadwalkan bakal dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo, di Pekanbaru.

 

"Dalam jadwalnya nanti kongres akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi. Selain presiden, hampir seluruh alumni-alumni HMI yang kini telah duduk sebagai pejabat negara serta pengusaha sukses di Indonesia akan hadir meramaikan pembukaan nanti," ujar Ketua Panitia, Fat Haryonto kepada RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu (7/11/2015). (KLIK: Kongres HMI Diklaim Genjot Perekonomian Pekanbaru)

 

Namun Wakil Presiden RI Jusuf Kalla tidak hadir dalam acara pembukaan. Sebab aturan dari protokoler istana menyebutkan ia tidak bisa hadir dalam waktu yang sama saat acara di hadiri Presiden. Namun Kalla dijadwalkan bakal hadir pada sesi acara berikutnya.

 

"Bang JK tidak hadir dalam pembukaan karena memang aturan yang mengaturnya untuk tak bisa menghadiri. Jabatan Wakil Presiden yang beliau sandang membuat ia tak bisa hadir sekaligus dalam waktu dan tempat yang sama bersama Presiden Jokowi. Itu aturan yang tak bisa dihindari," ungkap Wasekjend PB HMI Periode 2013-2015 ini.

 

Fat mengatakan, Kalla akan hadir esok harinya setelah Presiden Jokowi telah kembali ke Jakarta. Kalla akan menjadi pembicara dalam seminar nasional yang diadakan oleh HMI di Pekanbaru nanti. (BACA: Kongres HMI Disebut Genjot Ekonomi, Ini Alasanya)

 

"Sebagai senior, JK akan menghadiri kongres. Namun bukan untuk mencampuri helat kongres melaikan untuk menjadi peramai kongres yang diadakan di Pekanbaru. Beliau nantinya akan menjadi salah satu pengisi seminar yang akan diadakan selama kongres berlangsung," jelas Fat.

 

Acara pembukaan bakal digelar di hotel, Labersa Hotel, Kampar. Untuk Kongresnya akan di gelar di Gelanggang Remaja Jalan Sudirman dan Gelanggang Sepak takraw yang berada di kompleks Purna MTQ.

 

"Kalau jadwalnya kongres akan berlangsung selama 5 hari. Tapi Kita menargetkan kongres ini akan digelar paling lama satu minggu. Kalau lebih waktunya itu kan tergantung dari dinamika politik di Kongres nanti. Karena politik HMI itu sangat dinamis," harapnya. (LIHAT: Pemerintah Dituding Lamban Atasi Asap, Lebih Baik Mundur)

 

"Target kongres selama 5 hari ini merupakan perubahan radikal yang ingin kita capai sebagai tuan rumah. Jika periode sebelumnya pada tahun 2013 kongres berlangsung selama 1 bulan penuh, pada kongres di Pekanbaru akan kita efisienkan waktu Kongres ini," Dia menambahkan.