Aktual, Independen dan Terpercaya


Oplet akan Dijadikan Angkutan Feeder

oplet.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU - minat masyarakat untuk naik angkutan umum menurun lantaran pelayanan serta kondisi angkutan kurang baik dan nyaman. Tak jarang, akses menuju angkutan pun terkadang sulit.

 

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru berencana menyediakan angkutan pengumpan (feeder) bagi masyarakat. Tujuannya agar masyarakat lebih nyaman dan mudah dalam mengakses angkutan umum.

 

Staf Bidang Angkutan Dishub Kota Pekanbaru, Kenmorito, angkutan feeder nanti adalah angkutan umum oplet yang saat ini kurang populer sejak adanya Trans Metro Pekanbaru (TMP). Oplet tersebut akan diberi rute tersendiri.

 

"Rute feeder ini sama seperti angkutan pengumpan. Rutenya ada di jalan-jalan dekat perumahan masyarakat. dari rumah mereka naik feeder kemudian diopor atau ditransfer menuju jalan utama untuk naik TMP," terang Ken, sapaan akrab Kenmorito kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa (11/8/2015).

 

Menurutnya, angkutan feeder tersebut nantinya akan diremajakan dan dibuat nyaman sehingga masyarakat lebih memilih untuk naik angkutan umum dari pada kendaraan pribadi.

 

"Jadi, nanti masyarakat akan diuntungkan. Maksimal mereka hanya akan berjalan sejauh 100 meter untuk sampai ke angkutan feeder yang akan mengantarkan mereka ke TMP lalu diantar ke tempat tujuan," kata Ken.

 

Disinggung mengenai pembayaran, Ken mengaku masih dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait. "Masalah pembayaran sekali naik, masih dikoordinasikan karena rencananya angkutan feeder tersebut akan disubsidi supaya masyarakat bisa sekali bayar saja. Seperti menggunakan karcis, masyarakat yang akan naik TMP hanya perlu menunjukkan karcis yang telah dibayarkan ketika naik angkutan feeder," jelas Ken mengakhiri.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline