Cegah Stunting, Diskes Kuansing Gelar Aksi Serentak Timbang Bayi di Posyandu

Diskes-Kuansing-timbang-bayi.jpg
(ROBI SUSANTO/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dalam rangka menekan angka stunting di Kabupaten Kuansing, Dinas Kesehatan (Diskes) Kuansing menggelar aksi serentak timbang bayi di seluruh posyandu yang ada di setiap desa di Kuansing.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kuansing, DR Trian Zulhadi mengatakan aksi serentak timbang bayi ini dilakukan selama tiga hari mulai 6-8 Mei 2024. Diharapkan kepada orang tua bayi untuk membawa anaknya datang ke Posyandu.

"Jadi hari ini (Senin,red) sudah kita mulai, aksi serentak timbang bayi ini dilakukan di seluruh Posyandu yang ada di Kuansing," kata Trian kepada RIAU ONLINE usai turun meninjau aksi tersebut ke sejumlah Posyandu, Senin, 6 Mei 2024.

Menurut Trian dengan adanya aksi serentak timbang bayi ini pemerintah bisa mencegah terjadinya stunting dan memastikan angka stunting di Kuansing.


Melalui aksi ini petugas bisa dapat memastikan bagaimana kondisi bayi yang ada di Kuansing. Apabila ditemukan tentunya akan diambil langkah cepat sehingga angka stunting bisa secepatnya ditekan.

"Dari data rilis SKI kita berada di angka 23 persen, makanya untuk memastikan kita lakukan aksi timbang bayi. Kalau nanti ditemukan tentu akan kita ambil tindakan cepat," katanya.

Melalui aksi ini katanya petugas akan mengecek tumbuh kembang sang buah hati mulai dari mengukur berat badan, tinggi badan, lingkar lengan sehingga bisa diketahui bagaimana kondisinya.