Banyak PNS Jadi Pj Kades, Desta Ingatkan Pemkab Kuansing Alokasikan Dana Pilkades

Desta-Harianto2.jpg
(Riau Online/Robby Susanto)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Anggota DPRD Kuansing, Desta Harianto mengingatkan Pemerintah Daerah untuk mengalokasikan angggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) agar dimasukan pada APBD murni 2024.


Hal tersebut disampaikan Desta Harianto mengingat banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS di Kuansing yang rangkap jabatan mengisi kekosongan jabatan Kades yang berakhir masa jabatannya.

"Kita hanya mengingatkan supaya tidak menunggu Perubahan tahun depan baru diusulkan. Kita berharap pada APBD murni 2024 ini diusulkan anggaran untuk pelaksanaan Pilkades," kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Kuansing ini, Selasa, 14 November 2023.

Sehingga desa-desa yang mengalami kekosongan jabatan Kades segera terisi oleh Kades defenitif. Apabila tahun depan bisa dilaksanakan Pilkades maka tidak harus menunggu Perubahan dan bisa langsung dilaksanakan.

Desta juga mengingatkan Pemkab Kuansing agar jangan berlama-lama mengisi jabatan Kades dengan menunjuk Penjabat (Pj) Kades. Karena menurutnya ini juga akan mengganggu pelayanan kepada masyarakat apabila ada pejabat yang rangkap jabatan menjadi Pj Kades.

"Kita hanya mengingatkan Pemkab melalui OPD terkait jangan sampai tidak diusulkan anggaran untuk Pilkades pada murni 2024 ini," katanya.

Data Dinas Sosial Pemerintahan Desa Kabupaten Kuansing pada tahun 2022 lalu terdapat sekitar 44 Kades yang berakhir masa jabatannya. Dan tahun 2023 ini sedikitnya ada 80 Kades yang berakhir masa jabatannya. Ada puluhan desa di Kuansing saat ini dijabat oleh Penjabat (Pj) Kades.