Jalur Langkah Siluman Buayo Danau Siterajo Kari Tumbangkan Juara Nasional 2019

Pacu-Jalur7.jpg
(Robi Susanto/Riau online)

RIAUONLINE, TELUK KUANTAN-Jalur Langkah Siluman Buayo Danau, Desa Siterajo Kari, Kecamatan Kuantan Tengah secara mengejutkan berhasil mengalahkan jalur Pahlawan Kuantan Cahayo Nagori Desa Muaro Sentajo, Kecamatan Sentajo Raya pada Festival Pacu Jalur (FPJ) Tahun 2022, Selasa, 23 Agustus 2022. 

 

Jalur yang dikalahkan jalur Langkah Siluman Buayo Danau sendiri merupakan jalur pemegang Piala Bergilir Menteri Pariwisata RI Tahun 2019 lalu di Tepian Narosa Teluk Kuantan. Dua tahun terakhir pacu jalur sempat ditiadakan akibat wabah Covid-19. Baru tahun 2022 ini kembali diadakan dengan mendatangkan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif RI Sandiaga S Uno.

 

Namun FPJ tahun 2022 ini jalur Pahlawan Kuantan Cahayo Nagori harus terhenti langkahnya melaju pada hari berikutnya setelah dikalahkan jalur Langkah Siluman Buayo Danau. Dengan tumbangnya jalur Pahlawan Kuantan maka dapat dipastikan akan ada juara baru tahun ini yang akan memboyong piala bergilir Menteri Pariwisata RI.

 

FPJ hari ketiga disaksikan puluhan ribu pengunjung yang memadati Tepian Narosa Teluk Kuantan, Kabupaten Kuansing, Riau. Pungunjung yang datang dibuat terperangah ketika jalur juara satu pada ivent Nasional tahun 2019 lalu tumbang atau kalah pada hari ketiga FPJ tahun ini. 

 

Awalnya jalur Langkah Siluman Buayo Danau dan jalur Pahlawan Kuantan Cahayo Nagori sama-sama lolos menang pada hari pertama pacu jalur mulai dilombakan Senin, 21 Agustus 2022 kemarin. Namun hasil pencabutan undian pada Selasa pagi mempertemukan keduanya.

 

Publik pun dibuat penasaran jalur mana yang akan menang. Pasalnya kedua jalur ini sempat dijagokan menjadi kandidat juara pada FPJ tahun 2022 ini. Namun sebelum ke final kedua jalur ini harus bertemu lebih awal pada Selasa, 23 Agustus 2022. 


 

Festival Pacu Jalur sendiri digelar selama lima hari, dan mulai Senin, 22 Agustus 2022 kemarin pacu jalur baru mulai dilombakan. Pacu jalur akan berakhir pada Kamis, 25 Agustus 2022. Tadi (Selasa,red) merupakan hari ketiga pelaksanaan FPJ tahun ini. Masih ada waktu dua hari lagi pacu jalur akan digelar. 


Siapa sangka kedua jalur yang dijagokan tersebut harus bertemu lebih awal. Salahsatu jalur harus mengalah apabila kalah dalam perpacuan maka tidak bisa lolos pada hari berikutnya. 

Hasil pencabutan undian yang digelar, Selasa pagi tadi, jalur Langkah Siluman Buayo Danau dari Desa Siterajo Kari, Kecamatan Kuantan Tengah mendapati undian jalan sebelah kiri. Sementara lawannya jalur Pahlawan Kuantan Cahayo Nagori dari Desa Muaro Sentajo, Kecamatan Sentajo Raya mendapati jalan  sebelah kanan. Kedua hilir pada hilir ke-7. 

 

Jalur Pahlawan Kuantan sendiri merupakan sang jawara pada Ivent Pacu Jalur Tahun 2019 lalu di Tepian Narosa. Sementara jalur Langkah Siluman merupakan jalur yang baru saja menjuarai ivent pacu jalur kebudayaan di Tepian Haji Saidina Ali, Kecamatan Kuantan Mudik tahun ini.

Kedua jalur ini juga membawa nama besar yang menjadi sponsor mereka. Jalur Langkah Siluman Buayo Danau membawa nama Wakapolri dan jalur Pahlawan Kuantan Cahayo Nagori membawa nama Ketua DPRD Kuansing.

Jalannya perpacuan, kedua jalur ini benar-benar berpacu dari sejak awal bendera merah jatuh tanda sahnya dilepas hilir ke-7 ini. Ada enam buah pancang yang harus mereka lalui dengan jarak lebih kurang 1 kilometer untuk sampai ke pancang finis. 

 

Jalur Langkah Siluman Buayo Danau yang menempati jalan sebelah kiri dan jalur Pahlawan Kuantan yang menempati jalan sebelah kanan langsung tancap gas begitu bendera merah jatuh tanda sahnya pelepasan kedua jalur ini.


Hiruk-pikuk pengunjung di Tepian Narosa yang menyaksikan langsung jalannya perpacuan tidak dapat terelakan. Teriakan histeris pendukung kedua jalur ini juga bergema. Kedua jalur berpacu sangat ketat. Namun jalur Langkah Siluman Buayo Danau berhasil menjadi pemenang dan lolos pada hari ke empat yang akan digelar pada Rabu, 24 Agustus 2022 besok.

 

 

 

 

 

Sementara jalur Pahlawan Kuantan Cahayo Nagori harus terhenti langkahnya melaju kehari berikutnya dan harus menunggu pada ivent pacu jalur tahun 2023 mendatang. 

 

Pacu jalur pada hari ketiga Selasa, 23 Agustus 2022 menyisakan 89 jalur dengan 45 kali hilir dan satu mendapatkan undian bayy atau tanpa lawan. Pacu jalur digelar di Sungai Batang Kuantan atau yang lazim di sebut Sungai Indragiri. Untuk tingkat Nasional Pacu Jalur di gelar di Tepian Narosa setiap tahunnya.