Persib Bandung Tak Mampu Kalahkan 10 Pemain Bali United

Persib-Bandung-vs-Bali-United.jpg
([ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi])

RIAUONLINE, BANDUNG-Laga antara Persib Bandung vs Bali United berjalan keras dan sengit di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Selasa (23/8/2022) sore. 10 pemain Bali United sukses mengamankan kemenangan tandang 3-2 pada laga pekan keenam BRI Liga 1 2022/2023 ini.

Adapun Bali United harus bermain dengan 10 orang usai kiper Nadeo Argawinata harus mandi lebih cepat setelah menerima kartu kuning kedua di penghujung babak pertama.

Sayangnya, meski terus melakukan serangan, tuan rumah Persib tak bisa memanfaatkan situasi unggul jumlah pemain untuk meraih kemenangan.

Kemenangan ini sendiri membuat Bali United naik ke posisi kelima klasemen sementara Liga 1 dengan 12 poin dari enam laga. Sementara itu, Persib tertahan di peringkat ke-12 dengan 7 poin.

Di GBLA, Persib yang tampil sebagai tuan rumah tampil ganas sejak dimulainya pertandingan. Beberapa percobaan dilakukan oleh tim kesayangan Bobotoh itu.

Sayangnya, serangan yang dilakukan Maung Bandung tidak membuahkan hasil. Justru Bali United yang tampil lebih sabar dan melancarkan serangan yang lebih efektif.

Alhasil, Persib harus kebobolan pada menit ke-25. Umpan Eber Bessa bisa diteruskan ke dalam gawang oleh Privat Mbarga sekaligus mengubah skor menjadi 1-0.

Tertinggal 0-1 membuat Persib semakin agresif. Namun, penampilan apik kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata di bawah mistar gawang Bali United selalu berhasil menggagalkan tembakan pemain Persib.

Persib justru kembali kebobolan pada menit ke-45. Bola crossing Ricky Fajrin disundul dengan keras ke dalam gawang I Made Wirawan oleh striker andalan Bali United, Ilija Spasojevic.


Sempat ada insiden di menit akhir babak pertama yang melibatkan Nadeo dan gelandang Persib, Ricky Kambuaya. Kedua pemain yang merupakan rekan setim di Timnas Indonesia ini diganjar kartu kuning oleh wasit.

Nadeo yang sudah mendapat kartu kuning sebelumnya terpaksa harus mandi lebih cepat. Serdadu Tridatu harus bermain dengan 10 pemain di sisa pertandingan.

Tidak ada lagi gol sampai turun minum. Skor 2-0 untuk keunggulan Bali United tidak berubah.

Unggul jumlah pemain membuat Persib langsung menekan di paruh kedua. Bali United dipaksa bermain di area pertahanannya sendiri.

Persib akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan pada menit ke-63 melalui titik putih. David da Silva yang dipercaya sebagai algojo sukses menggetarkan gawang Muhammad Ridho yang masuk sebagai kiper pengganti.

Bali United benar-benar dipaksa bertahan oleh Persib di sisa laga. Berbagai tembakan hingga sundulan terus dilakukan Persib, tapi memang belum ada lagi yang bisa dikonversi jadi gol.

Asik menyerang, Persib justru kembali kecolongan pada menit ke-80. Melalui sebuah counter-attack, tanpa kawalan Muhammad Rahmat mampu mengelabui kiper Persib I Made Wirawan sekaligus mengubah skor menjadi 3-1 untuk keunggulan Bali United.

Persib mendapat kesempatan emas untuk mengecilkan ketertinggalan lewat titik putih. Sayangnya, kali ini tendangan David da Silva terlalu lemah sehingga bisa dimentahkan Muhammad Ridho dikutip dari suara.com

Pada menit ke-89, skor berubah menjadi 3-2. Persib akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan lewat sundulan Erwin Ramdani yang mengalir deras ke dalam gawang Bali United.

Upaya Persib untuk menyamakan kedudukan akhirnya gagal. Hingga peluit panjang tanda berakhirnya laga dibunyikan wasit, skor akhir adalah 3-2 untuk kemenangan tim tamu Bali United.

Susunan Pemain:

Persib Bandung (4-2-3-1): I Made Wirawan; Daisuke Sato (Erwin Ramdani 89'), Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers, Rachmat Irianto; Dedi Kusnandar (Frets Butuan 56'), Marc Klok; Ciro Alves, Ricky Kambuaya, Febri Hariyadi; David da Silva.


Pelatih interim: Budiman (Indonesia)

Bali United (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Novri Setiawan, Jajang Mulyana, Haudi Abdillah, Ricky Fajrin; Brwa Nouri (Ahmad Agung 67'), Rizky Pellu (Rahmat 46'); Privat Mbarga (Lerby Eliandry 82'), Eber Bessa, Yabes Roni (Ardi Idrus 82'); Ilija Spasojevic (Muhammad Ridho 45+7).

Pelatih: Teco (Brasil)