DPRD Pekanbaru Desak PUPR Segera Normalisasi Sungai

Banjir-Perumahan-Pesona-Harapan-Indah23.jpg
(tangkapan layar/Netizen)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Musim penghujan di Kota Pekanbaru menyebabkan banjir di beberapa titik perumahan warga. Untuk itu, DPRD Kota Pekanbaru mendesak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru mempercepat normalisasi sungai dan anak sungai.

"Terutama Sungai Sail. Pulau-pulau yang sudah terbentuk dialiran sungai harus segera dilakukan normalisasi," kata Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru, Roni Pasla.

Politisi PAN ini mengatakan, akibat Sungai Sail mengalami pendangkalan, ratusan rumah di kawasan Perumahan Pesona Harapan Indah yang ada di Jalan Cengkeh, Kecamatan Bukit Raya terendam banjir.

Tidak tanggung-tanggung hingga mencapai ketinggian 1.5 meter. Pihaknya meminta kepada Dinas PUPR Kota Pekanbaru untuk menjemput bola.


"Jemput bola. Jalin komunikasi yang lebih intens dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera. Tujuannya untuk melakukan normalisasi sungai," ujarnya.

Menurut Roni, dengan menjalin komunikasi, maka akan membantu normalisasi sungai. Sebab, sungai-sungai yang ada di Kota Pekanbaru tidak semuanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Ada juga sungai yang menjadu tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan pemerintah pusat.

"Kita harap Pemko Pekanbaru dengan keterbatasan anggaran harus bisa menjemput bola. Hal ini untuk meminta anggaran ke pemerintah pusat," pungkasnya.