Bentuk Tanda Tangan Jokowi Disoroti Netizen: Rumit, Seperti Jalan Hidupnya

Tandatangan-Jokowi.jpg
(Short YouTube/@ceritapolitik)

RIAU ONLINE - Presiden Joko Widodo sudah terpampang di banyak infrastruktur yang dibangun di bawah pemerintahannya. Netizen pun menyoroti momen Presiden RI ke-7 itu menggoreskan tanda tangan yang penuh guratan.

Dari video Short YouTube yang diunggah @ceritapolitik, Jokowi saat itu menghadiri peresmian kereta cepat. Ia tampak hendak membubuhkan tanda tangan di plakat batu.

Terllihat huruf seperti 'J' saat goresan pertama, selanjutnya banyak goresan membentuk seperti rumput yang panjang. Meski terlihat rumit, guratan tanda tangan Jokowi memang unik, sebagaimana dilansir dari Suara.com, Rabu, 3 April 2024.

Momen Jokowi membubuhkan tanda tangan itu pun dikomentari netizen. Beberapa orang menyebutkan tanda tangan Jokowi menunjukkan karakternya, namun ada juga yang memberi pujian.

"Seperti jalan hidupnya yang berlik dan rumit. Tetap sehat pak," sebut netizen pertama.

"Walaupun ruwet, tapi dia jadi presiden 2 periode kang," celetuk salah satu netizen.


"Ini nyeritain, begitu rumitnya dan bergelombang politik di Indonesia," kata lainnya.

"Pencerminan orang yang juga rumit super belibet," sindir lainnya.

Menariknya lagi, tanda tangan mantan Wali Kota Solo itu menyematkan angka 1681 yang menjadi nomor induk ketika masih berkuliah di Fakultas Perhutanan UGM, Yogyakarta.

Bahkan ahli grafalogi, Kusuma Prabandari yang mengantongi keahlian dalam menganalisa tanda tangan menyebutkan, Jokowi cenderung menyukai aktivitas fisik. Di sisi lain, cara berpikir Jokowi dianggap terbuka dan memiliki pertimbangan yang baik.

Membaca karakter diri orang dari tanda tangan juga dibongkar. Jokowi memiliki kemampuan untuk mengatur emosinya. Ia memiliki konsentrasi yangn baik dan bisa bersikap obyektif dengan egoisme yang mengarah pada positif.

Tak hanya itu, gaya interaksinya ke sesama orang, Jokowi memiliki rasa bangga dengan diri sendiri. Tak jarang ia lebih ekspresif ketika berbicara meski pembawan pribadinya formal.

Sebagai pemimpin, ternyata karakter Jokowi yang sangat berpikir detail, akurat dan teliti terlihat dari gaya menggores tanda tangannya.

Bahkan Jokowi merupakan sosok yang bisa diandalkan dan dalam menyelesaikan tugas sangat terstruktur, teratur dan memiliki tujuan pasti.