Dikebut Jelang Lawan Vietnam, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Sah Jadi WNI

Ragnar-Oratmangoen-dan-Thom-Haye.jpg
((ANTARA/YouTube Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen resmi rampung pada Senin (18/3/2024) malam WIB. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya bisa merasa lega.

Hal itu disampaikan anggota Executive Committee (Exco) PSSI, Arya Sinulingga. Dia menyebut Thom dan Oratmangoen tealh menjalani sumpah WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta.

"Saya mengucapkan terima kasih pada Kanwil Kumham di DKI Jakarta kemudian juga Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) DKI Jakarta," kata Arya Sinulingga dikutip dari Antara, Selasa (19/3/2024).

"Serta setelah tadi disumpah lagi proses untuk pembuatan KTP, kemudian juga Kantor Imigrasi Jakarta dan juga yang berada di Soekarno Hatta yang setelah ini mendukung pembuatan paspor, semoga proses ini berjalan baik, jadi ini semua cepat sekali," tambahnya.

Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen menjalani sumpah WNI setelah kembali menyambangi Indonesia pada Senin (18/3/2024) malam WIB hanya beberapa jam sebelum proses akhir perubahan paspor itu berlangsung.


Thom disebut Arya datang sekitar pukul 22.00 WIB atau sekitar dua jam sebelum proses sumpah WNI dimulai, sedangkan Ragnar tiba di Indonesia pada sore hari.

"Yang pasti Ragnar tadi sampai setelah sore, sementara Thom Haye sampai sekitar jam 21.00 WIB atau 22.00 WIB dan langsung ke Kumham Jakarta," kata Arya.

Rampungnya proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen membuata peluang kedua pemain untuk menjalani debut bersama Timnas Indonsia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bulan Maret ini terbuka.

Terdekat, kedua pemain yang proses sumpah WNI-nya sempat batal pekan lalu karena dokumennya baru ditanda tangani DPR RI itu, kemungkinan bisa tampil ketika Timnas Indonesia menghadapi Vietnam.

Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam dalam matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 Maret di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Sementara lima hari berselang, giliran Garuda yang bertandang ke markas Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi dikutip dari suara.com