PT Semen Padang Sebut Tak Ada Ledakan di Pabrik Indarung V, Hanya Percikan Api

Tabung-gas-nitrogen-semen-padang.jpg
(ANTARA/HO-PT Semen Padang)

RIAU ONLINE, PADANG - Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati, membantah adanya ledakan di Pabrik Semen Padang Indarung V, Sumatera Barat, Selasa, 20 Februari 2024.

Anita menyebut tidak ada ledakan besar yang terjadi pada raw mill atau peralatan untuk menggiling dan mengeringkan bahan mentah semen, melainkan hanya percikan api.

"Yang terjadi adalah ada percikan api sesaat ketika pengisian gas nitrogen ke salah satu tabung akumulator. Diduga ada over-pressure pada tabung, sehingga menimbulkan percikan api," kata Anita.

Akibat percikan api tersebut, kata dia, satu orang pekerja mengalami luka memar dan empat orang lainnya terkena luka bakar. Korban saat ini telah mendapatkan penanganan medis.


"Tidak ada korban meninggal akibat kejadian tersebut," ujarnya.

Sementara saat ini, pihaknya fokus untuk melakukan investigasi penyebab kejadian tersebut serta penanganan terhadap korban.

"PT Semen Padang menjunjung tinggi integritas dan tanggung jawab sosial. Kejadian akan kami jadikan pelajaran berharga untuk meningkatkan kinerja di masa yang akan datang," katanya.

Saat ini operasional pabrik Indarung V PT Semen Padang tetap berjalan normal.

Sebelumnya, dilaporkan ada ledakan di pabrik Indarung V milik PT Semen Padang. Informasi terkait ledakan tersebut menyebar di media sosial dan memancing spekulasi adanya ledakan besar di pabrik Semen Padang. Namun PT Semen Padang membantah informasi tersebut.(ANTARA)