Fakta di Balik Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran, Rakyat Untung atau Rugi?

Prabowo-dan-Gibran9.jpg
((Instagram))

RIAU ONLINE - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Gibran, dalam kampanyenya menawarkan program andalannya makan siang gratis.

Program makan siang gratis menjadi daya tarik yang membuat keduanya menjadi paslon yang unggul untuk sementara, versi hitung cepat hasil pemilu sekaligus pilpres pada Rabu, 14 Februari 2024.

Namun, program makan siang gratis yang terdengar menggiurkan itu kini mengundang kontroversi dan dilanda isu miring.

Sebagaimana dilansir dari Suara.com, Minggu, 18 Februari 2024, ada segudang fakta makan siang gratis yang dicanangkan Prabowo-Gibran.

Dilanda isu bakal berjalan di tahun 2029

Baru-baru ini mencuat isu bahwa program makan siang gratis Prabowo-Gibran akan berlangsung pada 2029, tepatnya di tahun terakhir jika keduanya terpilih menjabat Presiden dan Wakil Presiden RI.

Komandan Tim Komunikasi TKN Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono menepis dan menegaskan bahwa kabar tersebut tidak benar.


"Isu yang menyebutkan program makan siang dan susu gratis baru dijalankan pada 2029 itu tidak benar. Ini adalah program utama Prabowo-Gibran dan langsung akan dijalankan setelah dilantik," tegas Budisatrio Djiwandono, Jumat, 16 Februari 2024.

Puluhan juta anak di RI bakal makan gratis secara bertahap

Budisatrio menegaskan program makan siang gratis akan langsung dijalankan saat Prabowo-Gibran berhasil memenangkan Pilpres 2024 dan resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI.

Pihak TKN Prabowo-Gibran menilai bahwa program tersebut akan berdampak pada puluhan juta anak di Tanah Air. Kata Budisatrio, program ini akan berhasil menyasar jutaan anak secara bertahap.

Bakal fokus di daerah 3T

Isu makan siang gratis bakal berjalan pada 2029 itu juga diklarifikasi Gibran. Ia menjelaskan bahwa program ini pertama-tama akan menaruh fokus pada anak-anak di daerah-daerah tertentu.

Makan siang gratis akan diutamakan bagi anak-anak di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), sebagaimana dijelaskan Gibran pada Sabtu, 17 Februari 2024.

Siapa bakal menerima makan siang gratis?

Prabowo-Gibran menuangkan program makan siang dan susu gratis dalam misi besar mereka bertajuk "Asta Cita".

Keduanya menjanjikan akan memenuhi gizi masyarakat dalam bentuk makan siang dan susu gratis kepada siswa prasekolah, SD, SMP, SMA, dan pesantren.