Formulir C1 Hilang, Ratusan Kotak Suara Pemilu 2024 Dibakar Massa

Massa-bakar-kotak-suara-di-Papua.jpg
(Dok: Istimewa via kumparan)

RIAU ONLINE - Ratusan kotak suara Pemilu 2024 dibakar masyarakat di Distrik Kebo, Paniai, Papua Tengah, lantaran mendapati tidak adanya formulir C1-KWK, yang menyertai kotak-kotak tersebut.

Formulir C1-KWK merupakan sertifikat hasil penghitungan suara.

Sejumlah video yang menunjukkan ratusan kotak suara itu beredar pada Senin, 12 Februari 2024, malam. Terdengar perekam video menyebut bahwa Panitia Pemungutan Distrik (PPD) telah membongkar formulir C1-KWK.

"C1-KWK dibongkar oleh yang namanya PPD. Mereka bermain-main agenda negara," kata perekam video itu, dikutip dari kumparan, Selasa, 13 Februari 2024.

Dalam video lainnya, masyarakat di Ditrik Yagai, juga di Paniai, tampak membongkar logistik KPU dan mendapati tidak ada formulir C1-KWK.


"Ini dari Distrik Yagai. PPS (Panitia Pemungutan Suara) buka logistik, dalam logistik C1-KWK tidak ada sehingga masyarakat kasi hambur kotak logistik," kata perekam video.

Ada juga video yang memperlihatkan ratusan kotak suara dikembalikan ke KPU, karena lagi-lagi tidak ada formulir C1-KWK.

Sementara itu, Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, mengatakan memperkuat pengamanan pasca mengetahui peristiwa tersebut.

"Kami Polda Papua sudah perintahkan untuk turunkan perkuatan, segera mengirim perkuatan ke Paniai dan Deiyai supaya tidak berulang," kata Fakhiri diwawancarai wartawan di Jayapura.

"Saya sudah mengingatkan kepada Kapolres yang ada di Puncak, Intan Jaya, dan Nduga agar meningkatkan kewaspadaan supaya tidak lagi ada kejadian yang mengganggu jalannya pencoblosan," ujar Fakhiri.