Duka Selimuti Pulau Rempang, Tokoh Tertua Berusia 123 Tahun Tutup Usia

Pemakaman-tokoh-rempang.jpg
(Foto: istimewa via Batamnews)

RIAU ONLINE, BATAM - Warga Rempang Cate, Pulau Rempang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), tengah dilanda duka atas wafatnya tokoh tertua di pulau tersebut. Hasyim Basah atau dikenal sebagai Tok Endok menghembuskan nafas terakhir pada Kamis, 1 Februari 2024, di usia yang sangat lanjut, 123 tahun.

Pemakaman sosok yang sangat dihormati bahkan dipadati warga, termasuk Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, yang turut berbela sungkawa.

Tok Endok merupakan sosok penting dalam sejarah Rempang. Beliau menjadi saksi kehidupan di Rempang dalam masa ke masa, sejak zaman Batin Lawan di era kesultanan, penjajahan Belanda, Indonesia merdeka, hingga kini.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, menghadiri pemakaman, menyebut Tok Endok sebagai tokoh sekaligus panutan bagi masyarakat Rempang.


“Kami paham bahwa almarhum adalah orang tertua di Rempang Cate. Meski berusia sangat tua, beliau masih sangat jernih ingatannya,” tuturnya, dikutip dari jaringan RIAU ONLINEBatamnews, Senin 1 Februari 2024.

“Almarhum dikenal sebagai tokoh dan panutan karena jasanya,” imbuhnya.

Satu dari tetua Rempang yang kerap berinteraksi dengan Tok Endok juga turut berduka. Menurutnya, Tuk Endok sudah sangat tua, bahkan sejak ia masih anak-anak.

“Beliau sudah lama sekali tinggal di Rempang. Kami semua banyak belajar darinya. Semoga Allah menerima amal ibadahnya,” pungkasnya.